Manfaat Magnesium, Mineral Alami yang Baik untuk Tubuh

Manfaat Magnesium
Manfaat Magnesium, Mineral Alami yang Baik untuk Tubuh

MyTiffanyDiary - Magnesium merupakan mineral alami yang dihasilkan oleh tubuh atau bisa juga melalui asupan aneka makanan sehari-hari. Salah satu peran penting dari magnesium bagi tubuh adalah untuk membentuk struktur tulang yang sehat. Selain berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, manfaat mineral alami ini juga dibutuhkan oleh berbagai bagian tubuh, seperti menunjang kinerja saraf dan otot dalam melakukan fungsi tertentu. Magnesium juga membantu upaya untuk menetralkan asam lambung dan memudahkan jalan feses di dalam usus sebagai bagian dari proses ekskresi. Masih banyak manfaat magnesium bagi tubuh manusia, beberapa di antaranya untuk menjalani beberapa fungsi bagi tubuh di bawah ini:

Baca Juga: Moisturizer Untuk Kulit Berjerawat

Manfaat Magnesium Bagi Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Magnesium juga baik bagi kesehatan jantung. Manfaat magnesium berhubungan dengan penurunan risiko terkena hipertensi dan aterosklerosis. Bila kamu kekurangan magnesium bisa meningkatkan risiko pengapuran di dalam pembuluh darah arteri, penyakit kardiovaskular, serta batu ginjal terutama jika asupan kalsium berlebihan.

2. Berperan Dalam Membentuk Tulang

Magnesium juga sangat baik untuk mendukung pembentukan tulang, karena mineral ini bisa membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang. Selain itu, manfaat magnesium juga bisa untuk mengaktifkan vitamin D yang merupakan vitamin yang penting dalam mendukung kesehatan tulang. Mineral alami ini juga bisa menurunkan risiko osteoporosis, terutama bagi wanita pascamenopause.

3. Meringankan Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Sebagai mineral alami, magnesium berguna bagi mereka yang mengalami nyeri ulu hati yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Magnesium bertindak sebagai antasida untuk mengurangi gejala sakit maag. Selain itu, bila kamu sedang mengalami konstipasi atau sembelit bisa mengonsumsi asupan magnesium untuk meringankan penyakit pencernaan ini. Hal ini dikarenakan magnesium berfungsi membantu mengeluarkan kotoran.

4. Mengurangi Gejala Premenstrual

Bagi para wanita yang mengalami premenstrual bisa juga diatasi dengan asupan magnesium. Mineral alami ini kemungkinan bisa mengurangi gejala premenstrual seperti kembung, insomnia, kaki bengkak, nyeri payudara, dan perubahan berat badan.

5. Tekanan Darah Tinggi Selama Hamil

Bila kamu atau orang terdekat sedang hamil dan mengalami tekanan darah tinggi, disarankan mengonsumsi magnesium untuk mengurangi risiko kejang pada wanita hamil yang mengalami pre-eklampsia dan eklampsia (tekanan darah tinggi selama hamil).

6. Manfaat Magnesium Bagi Wajah

Kulit kering terkadang memang dapat mengganggu penampilan. Selain kurang nyaman untuk dipandang, kulit kering juga kurang nyaman ketika disentuh serta dapat mengakibatkan kulit mengelupas maupun bersisik. 

Salah satu manfaat magnesium dalam menjaga kesehata kulit adalah mampu menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit sehingga kilit akan mudah mengering dan selalu terhidrasi. Magnesium dipercaya dalam meredakan peradangan di kulit wajah, oleh karena itu magnesium juga sering terkandung dalam beberapa produk untuk meredakan jerawat pada dagu atau area wajah lainnya.

Baca Juga: Moisturizer Terbaik Untuk Kulit

Mengonsumsi mineral ini dari sumber-sumber alami dapat kamu peroleh dari makanan yang sebenarnya mudah dijumpai dan sudah biasa dikonsumsi, seperti kacang tanah, almond, edamame, tahu, dan bayam. Selain dari makanan, magnesium bisa juga kamu dapatkan dari mengonsumsi air mineral secara teratur.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content