Mengenal Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat
Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat - Kulit merupakan bagian tubuh yang rentan terkena masalah kesehatan. Apalagi jika memiliki kulit yang cenderung mudah berkeringat, tentu harus rajin rajin membersihkan diri. Salah satu penyakit kulit yang sering dialami oleh sebgian besar orang adalah gatal. Gatal ini bisa terjadi karena kurangnya kebersihan sehingga memicu tumbuhnya jamur atau munculnya bakteri lain. Selain itu, gatal juga bisa diakibatkan oleh penggunaan obat ataupun alergi terhadap sesuatu. 

Efek yang ditumbulkan dari gatal ini juga bervariasi mulai dari ruam kulit, gatal dan mungkin bisa menjadi goresan luka ketika terus digaruk. Tentu hal ini akan sangat menganggu aktivitas dan harus segera diatasi agar gatal tidak semakin menyebar serta cepat mereda. 

Untuk mengatasinya, bisa menggunakan obat gatal baik itu oles ataupun obat minum. Salah satu obat oles untuk permasalahan kulit yang bisa digunakan yaitu kloderma. Kloderma sendiri biasanya digunakan atas rekomendasi dokter dan perlu pengawan dari dokter untuk penggunaan jangka panjang. 

Jika kita mencoba untuk membeli obat ini diapotik, akan ada beberapa varian. Dua diantaranya yaitu kloderma dengan box coklat dan hijau. Lalu apasih perbedaan perbedaan kloderma hijau dan coklat? Yuk kita bahas bersama agar tidak salah pilih.

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengenal Apa Itu Kloderma

Kloderma merupakan sebuah obat oles permukaan kulit untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Produk ini di diproduksi oleh PT. Surya Dermato Medica Laboratories di Surabaya, Jawa Timur. Nama kloderma sendiri bukan mengacu pada nama kandungan obatnya, melainkan hanya nama merk dagang saja. Kandungan utamanya pada produk ini yaitu zat aktif klobetasol propionat. Pada dasarnya obat ini mengandung steroid sintetis. Obat kulit ini mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti eksim, peradangan kulit dan penyakit lainnya. 

Jenis Varian Kloderma

Kloderma memberikan beberapa varian pilihan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis bentuk produk kloderma :

1. Cream

Salah satu produk kloderma adalah dalam bentuk cream. Cream sangat mudah hilang ketika terkena air. Oleh karenanya, dianjurkan dipakaai setelah mandi. 

2. Gel

Gel hampir sama dengan cream yang berbahan dasar air. Ini juga membuatnya mudah hilang jika terkena air.

3. Oinment

Oinment merupakan sebutan lain dari salep. Memiliki kandungan dari minyak yang membuatnya lebih tahan terhadap air.

4. Lotion

Lotion memiliki kandungan air lebih besar dari ketiga varian sebelumnya. Ini membuat lotion lebih medah terserap kekulit. 

Pada produk cream, gel dan oinment tersedia dalam ukuran 5 dan 10 mg. Sedangkan lotion tersedia ukuran 30 ml. 

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat
Illustrasi Permasalahan Kulit

Produk kloderma memiliki 4 pilihan yang dibedakan berdasar sediaanya. Mulai dari yang teksturnya padat hingga ke tekstur yang cair. Perbedaan ini ditandai dengan warna kemasan yang berbeda-beda. Ada yang berwarna hijau dan ada pula yang berwarna coklat. Beberapa varian yang sering ditanyakan adalah perbedaan kloderma hijau dan coklat. Lalu apa perbedaan keduanya?

Secara kandungan keduanya memiliki kandungan klobetasol propionat sebesar 0,05%. Untuk penggunaannya juga tidak ada perbedaan, bisa digunakan disemua permukaan kulit namun perlu dihindari di area sensitif karena termasuk obat keras. Keduanya juga dianjurkan untuk dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Berikut ada 2 perbedaan kloderma hijau dan coklat.

1. Sediaan

Perbedaanya terletak di bentuk atau sediaan yang dijual. Kloderma coklat  merupakan obat dengan bentuk oinment atau salep. Sedangkan hijau dalam bentuk cream.

2. Resistensi Air

Kloderma coklat memiliki kandungan minyak sehingga lebih tahan dan tidak mudah hilang ketika terkena air. Pada kloderma hijau terdapat canpuran air didalamnya, sehingga mudah hilang jika terkena air. 

Kesimpulan

Perbedaan Kloderma Hijau dan Coklat terletak pada bentuknya saja. Secara penggunaan dan jumlah kandungan klobetasonya sama persis. Warna hijau untuk sediaan cream dan warna coklat untuk sediaan salep.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content