Perbedaan Praxion Hijau dan Kuning: Mana yang Lebih Cocok?

Beda Praxion Hijau dan Kuning
Beda Praxion Hijau dan Kuning

Beda Praxion Hijau dan Kuning - Hi bunda, gimana nih kabar si kecil? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya bun. Tapi, tak ada salahnya kita tentu harus sigap untuk mempersiapkan berbagai macam obat untuk sikecil. Obat yang tersedia dirumah tentunya akan sangat membantu apabila anak sedang sakit. 

Diusia balita, anak masih tentan terhadap berbagai penyakit. Dan sistem imun akan berperan aktif melawan yang dapat mengakibatkan demam. Jika demam terus tinggi dan tidak turun maka vunda dapat memberikan obat yang tentunya harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ataupun tenaga kesehatan yang berkompeten. 

Salah satu produk obat penurun demam yang dapat digunakan untuk sikecil adalah praxion. Obat ini mengandung paracetamol yang dapat berfungsi menurunkan panas. Praxion sendiri memiliki 3 jenis produk, dan terkadang hal ini masih membuat ragu mengenai perbedaanya. Untuk mengetahui lebih dekat berikut ini adalah beda praxion hijau dan kuning.

{tocify} $title={Table of Contents} 

Apa Itu Praxion?

Praxion adalah produk obat sirup yang diproduksi oleh Pharos Indonesia yang ditunjukkan untuk anak anak. Obat ini bekerja dengan cara antipiretik yaitu penghambatan pengatur suhu atau panas di pusat otak. Selain itu, paracetamol didalamnya juga berfungsi untuk menghambat terjadinya prostaglandin yang dapat memberikan rasa nyeri pada tubuh seperti nyeri kepala, gigi ataupun anggota tubuh lainnya. Obat ini menjadi salah satu obat dengan kategori bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. 

Varian Produk Praxion

Dilaman resminya, praxion memberikan 3 varian yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi sikecil. Ketiganya memiliki komposisi yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah 3 varian produk praxion.

1. Praxion Suspensi (Praxion Orange)

Ini merupakan obat demam sikecil dengan kandungan Paracetamol Micronized sebesar 120 mg per 5 mL. Dapat digunakan untuk anak usia 0 hingga 12 tahun dengan dosis yang disesuaikan.

  • 0 - 1 th = 2,5 mL
  • 1 - 2 th = 5 mL , 3 atau 4 kali sehari;
  • 2 - 6 th = 5 - 10 mL, 3 / 4 x sehari;
  • 6 - 9 th = 10 - 15 mL, 3 atau 4x sehari;
  • 9 - 12 th = 15 - 20 mL , 3 atau 4 x sehari.

2. Praxion Forte Suspensi (Praxion Hijau)

Sama dengan produk sebelumnya, ini adalah obat pereda demam dan nyeri untuk si kecil. Usia minimunya yaitu 6 tahun dan bisa diminum untuk usia diatas 12 tahun. Memiliki kandungan paracetamol sebesar 250 mg per 5 mL. Ini merupakan kandungan paracetamol tertinggi di varian praxion. Berikut takarannya.

  • Usia 6 - 12 = 5 - 10 mL; 3 - 4x sehari
  • Diatas 12 = 10 - 20 maL; 3 -4x sehari

3. Praxion Suspensi Drops (Praxion Kuning)

Produk ini hampir sama dengan kedua produk sebelumnya yang bekerja untuk menghilangkan nyeri dan menurunkan demam dengan kandungan paracetamolnya. Namun, kandungan paracetamomya lebih rendah dari keduanya yaitu 100 mg per 5 mL. Usia penggunaanya dapat untuk anak usia dibawah 1 tahun hingga usia 2 tahun dengan dosisi sebagai berikut.

  • Dibawah 1 tahun = 3 - 4 x sehari setiap 60 mg.
  • 1 - 2 tahun = 3 - 4 x sehari per 60 - 120 mg. 

Manfaat Praxion

Beda Praxion Hijau dan Kuning
Manfaat Praxion hijau dan kuning

Untuk mengetahui manfaat apa saja yang diberikan, mari kita lihat bagaimana sistem kerja dari obat tersebut.

  1. Sebagai Analgesik, ini memberikan manfaat dalam menekan rasa nyeri dan sakit yang dirasakan akibat sakit kepala, sakit gigi dan sebagainya.
  2. Sebgai Antipiretik, sistem kerja ini berfungsi untuk menurunkan panas ataubdemam secara tidak langsung pada sikecil. 

Beda Praxion Hijau dan Kuning

Banyak bunda sekalian yang masih bingung mengenai varian praxion mana yang cocok untuk ananda tercinta. Salah satu yang banyak digunakan adalah praxion hijau dan kuning. Lalu apa beda praxion hijau dan kuning?

1. Nama Produk

Praxion kuning memiliki nama dikemasan Praxion Suspensi Drops dengan kemasan yang dominan kuning kehijauan. Sedangkan praxion hijau memiliki nama dikemasan praxion forte suspensi. Kemasannya memiliki warna dominan hijau dan putih. 

2. Usia

Keduanya sama sama digunakan untuk sikecil, namun batasan usia praxion hijau yaitu minimal 6 tahun dan dapat digunakan diatas 12 tahun. Sedangkan praxioan kuning dapat digunakan untuk anak usia dibawah 1 tahun hingga usia 2 tahun.

3. Kandungan

Kandungan inilah yang penting untuk diketahui karena nantinya berkaitan pula dengan usia penggunaanya. Pada praxion kuning mengandung 100 mg paracetamol per 5 mL sedangkan praxion hijau mengandung paracetamol tertinggi yaitu 250 mg per 5 mL. 

Apakah Praxion Aman?

Sebwlumnya memang ada pro dan kontra mengenai kasus gagal ginjal yang diakibatkan oleh obat sirup praxion. Namun, Seperti informasi yang telah dikeluarkan oleh BPOM mengenai obat sirup yang aman digunakan, Praxion telah masuk dalam kategori obat sirup yang aman digunakan untuk anak kecil. Keamanan obat sirup ini setelah dilakukan 7 rangkaian ujicoba yang berkelanjutan. 

Kesimpulan

Beda praxion hijau dan kuning yang utama adalah pada kandungan paracetamolnya. Paracetamol tertinggi terdapat pada varian kemasan hijau sedangkan terendah terdapat pada kemasan warna kuning. Tentu Anda harus teliti agar obat yang diberikan sesuai dengan usia anak. Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca di kemasan produk.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content