Perbedaan Neurobion Dan Mecobalamin : Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan Neurobion Dan Mecobalamin
Perbedaan Neurobion Dan Mecobalamin

Perbedaan Neurobion Dan Mecobalamin - Tubuh memerlukan berbagai macam vitamin untuk mendukung metabolisme tubuh. Banyak vitamin tang diperlukan seperti vitamin a, b ataupun vitamin c. Kekurangan vitamin ini qkan menyebabkan berbagai macam permasalahan tubuh. Secara umum pemenuhan vitamin dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Akan tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh memerlukan ekstra asupan. Dan, ini bisa didapatkan dari berbagai macam suplemen atau vitamin khusus. 

Kekurangan vitamin khususnya vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi mecobalamin ataupun neurobion. Untuk Neurobion sendiri mungkin sudah familiar ditelinga, tetapi untuk mecobalamin mungkin agak sedikit kurang familiar. Dalam keadaan tertentu, biasanya dokter akan memberikan resep mecobalamin. Tetapi, sebenarnya apasih perbedaan neurobion dan mecobalamin? 

Mecobalamin

Mecobalamin ini biasanya diberikan kepada penderita kekurangan B12. Salah satu gejala orang yang mengalami defisit B12 adalah kesemutan. Vitamin ini mampu deserap tubuh dalam waktu singkat untuk mengatasi permasalahan neuropati perifer. Merk dari mecobalamin sendiri bermacam-macam contohnya adalah kelmeco dan mobafer. Nama ini hanyalah merk dagang semata yang memiliki kandungan yang sama. 

Neurobion

Neurobion ada beberapa jenis diantaranya adalah neurobion dan neurobion forte. Keduanya ada suplemen yang sama. Namun, yang membedakan adalah kandungan B12 pada forte lebih tinggi. Inilah yang membuat forte lebih ditujukan kepada orang lansiq ataupun orang yang harus diberikan neutropik tinggi. 

Apa Perbedaan Neurobion dan Mecobalamin?

Perbedaan Neurobion Dan Mecobalamin
neurobion vs mecobalamin

Mecobalamin merupakan obat turunan langsung dari Vit B12 yang mampu diserap secara cepat dan sempurna oleh tubuh. Biasanya digunakan untuk penderita neuropati perifer. Sedangkan neurobion forte memiliki kandungan B1, B6 dan B12 dalam setiap tabletnya. Untuk neurobion digunakan untuk mengatasi gangguan saraf ringan. Secara kualitas, belum ada riset yang membandingkan efektivitas keduanya secara langsung. Jadi, untuk memilih antar keduanya, lebih dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter agar nantinya mendapatkan dosis dan obat sesuai kebutuhan. Untuk bentuk fisiknya mecobalamin tersedia dalam bentuk kapsuln dan injeksi. Sedangkan neurobion hanya dalam bentuk kapsul. 

Manfaat Mecobalamin

Obat ini biasanya digunakan bersamaan dengan obat lainnya dalam rangka memenuhi vitamin B12. B12 ini nantinya akan membantu dalam proses metabolisme, membantu terbentuknya sel darah merah serta menjaga sistem saraf.  Manfaat dari mecobalamin yaitu.

  1. Anemia tentu tidak asing bagi kita. Salah satu penyebab terjadinya anemia adalah kekurangan vitamin B12. Mecobalamin mampu membantu terbentuknya seldarah merah untuk mengatasi anemia.
  2. Kerusakan saraf tepi biasanya banyak dialami oleh orang tua. Bagian tubuh tertentu akan terasa kesemutan. Dengan mengkonsumsi Mecobalamin, mampu untuk mengobati nyeri akibat kerusakan saraf ringan ini.
  3. Kekurangan vit B12 juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan tubuh lainnya. Salah satunya adalah gangguan metabolisme tubuh. Salah satu manfaat dari obat ini adalah mampu menjaga metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik. 

Kesimpulan

Perbedaan neurobion dan mecobalamin terletak pada kandungannya. Jika mecobalamin hanya mengandung vit B12 sedangkan neurobion forte mengandung vit B1, B6 dan B12. Keduanya sama-sama digunakan untuk mengatasi gangguan syaraf ringan. Namun, secara efektivitasnya masih belum ada literatur resmi yang membandingkan keduanya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content