Perbedaan Daging Bebek Dan Entok

Gambar Bebek dan Entok
Gambar Bebek dan Entok

Perbedaan Daging Bebek Dan Entok - Daging menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu jenis daging yang banyak dikonsumsi adalah daging bebek. Jika kalian pernah ke Jawa Timur khususnya Surabaya dan Sidoarjo, daging bebek bisa ditemukan di mana saja. Bahkan, jika di kota lain harga daging bebek cenderung tinggi, di kota Surabaya dan sekitarnya jenis daging ini terbilang lebih murah. Ini juga dikarenakan tingkat produksi dan distribusi daging bebek cenderung tinggi di sekitar wilayah tersebut. 

Jika kita kembali berbicara bebek, bebek merupakan unggas yang paling sering dikonsumsi setelah ayam. Selain bebek ada juga unggas entok yang menyerupai bebek yang menjadi alternatif lainnya. Bentuk keduanya hampir menyerupai namun sebenarnya dapat dengan mudah kita bedakan.

Baca Juga: Manfaat Daging Entok Untuk Kesehatan

Perbedaan Unggas Bebek dan Entok

1. Bebek

Bebek juga merupakan unggas konsumsi yang dapat diambil daging dan telurnya. Cara bertelur yang tidak dierami membuat telurnya sering digunakan untuk berbagai makanan seperti campuran adonan dan telur asin. Bebek memiliki tubuh lebih ramping daripada menthok. Cara berjalannya lebih tegap sehingga bagian lehernya terlihat lebih panjang. Bebek juga hidup berkelompok, namun suara dari bebek akan sangat berisik. 

2. Entok

Entok, Enthok atau dikenal dengan nama Mentok merupakan unggas sejenis bebek yang sering dimanfaatkan daging dan telurnya. Dalam bahasa Inggris, sering disebut juga Muscovy Duck atau Barbary Duck. Mentok memiliki kemampuan terbang jarak pendek cukup baik, namun unggas ini jarang terlihat menggunakan sayapnya. Bagian kakinya pendek dengan telapak kaki yang lebar. Cara jalan enthok terlihat cukup santai dan berkelompok dengan menggoyangkan ekornya untuk menyeimbangkan tubuh. Di area bagian wajahnya memiliki kulit berwarna merah dengan paruh yang terlihat lebar.  Hal kontras lainnya yang bisa dilihat adalah warnanya yang dominan dengan warna hitam putih. 

Pebedaan Daging Bebek dan Entok

Kedua daging ini sama - diperjualbelikan di berbagai pasar. Namun, daging bebek lebih murah dari pada daging entok. Ini juga disebabkan masih sedikitnya peternak dari entok sehingga daging entok masih sangat terbatas. Lalu bagaimana membedakan antara daging bebek dan daging entok? Berikut kami rangkum untuk Anda. 

1. Tekstur

Dari segi tekstur entok memiliki kualitas yang lebih baik. Dagingnya lebih tebal dan lebih lembut ketika dikonsumsi. Berbeda dengan bebek, daging bebek terlihat lebih berserat sehingga terasa lebih alot. Selain itu tekstur daging entok juga lebih juicy.

2. Aroma

Aroma daging bebek lebih terasa, sehingga jika pengolahannya tidak tepat maka bau dari dagingnya akan tercium. Tentu ini juga sangat berpengaruh terhadap bumbu - bumbu masakan yang digunakan.

3. Purin

Entok memiliki kadar purin yang cukup besar dari unggas lainnya. Purin berperan dalam mengikat kadar kolesterol. Sehingga bagi kalian memiliki masalah dengan kolesterol harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daging entok. 

Kesimpulan

Perbedaan bebek dan entok bisa dengan mudah dibedakan dalam keadaan unggas masih hidup. Akan tetapi jika sudah dalam bentuk olahan daging akan lebih sulit untuk membedakannya. 

Dari segi telur, telur bebek lebih banyak di konsumsi karena bebek mampu bertelur dalam jumlah banyak setiap harinya. Sedangkan entok sangat terbatas jumlah terlurnya sehingga jarang untuk dikonsumsi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content