Manfaat Daging Entok Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Entok
Manfaat Daging Entok Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Entok Untuk Kesehatan - Daging bebek dan ayam mungkin sudah biasa untuk dikonsumsi, namun bagaimana dengan daging entok? Ya, unggas satu ini memang lebih jarang kita temukan di pasar. Tetapi ada juga yang menjual dagingnya untuk dikonsumsi. Jika pada ayam dan bebek biasa di manfaatkan telur dan dagingnya, pada entok hanya dimanfaatkan dagingnya saja. Namun, bukan berarti tidak ada yang menjual telur entok. Pemanfaatan pada daging entok lebih diutamakan karena hewan ini hanya menghasilkan sedikit telur setiap minggunya. Ini menjadikan peternak lebih memilih untuk menetaskan telur dan menjual entok disaat sudah mulai dewasa. Masih sedikitnya pedagang yang menjual daging ini menyebabkan harganya sedikit lebih tinggi daripada ayam dan bebek. Ini juga sebanding dengan rasa dan khasiatnya. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat daging entok yang bisa Anda dapatkan, berikut pembahasannya. 

Baca Juga: Perbedaan Daging Bebek Dan Entok

Khasiat dan Manfaat Daging Entok

Kandungan Gizi Daging Entok

Kandungan gizi pada daging entok bisa berbeda-beda. Perbedaan ini berdasarkan bagian daging dan ukuran dari entok. Umumnya ukuran entok jantan lebih besar dibandingkan dengan betina. Berat dari entok jantan dapat mencapai 6 kg sedangkan pada betina pada umumnya hanya sekitar 4 kg saja. Berikut ini akan kami sampaikan kandungan gizi daging entok.

1. Kalori

Dalam daging entok, setiap 3,7 ons terkandung sekitar 200 kalori. Jumlah ini terbilang sedikit lebih rendah dari kandungan kalori pada daging ayam dengan berat yang sama. Namun, dengan jumlah tersebut telah memenuhi kebutuhan kalori dari seseorang. Dengan kualitas kalori yang lebih baik pada daging entok, sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan pagi hari karena telah mencukupi kebutuhan 10 % kebutuhan kalori harian. Tentunya ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

2. Karbohidrat

Sama dengan kandungan karbohidrat daging unggas lainnya, kadar karbohidrat pada unggas ini tidak tinggi. Tentunya ini semakin memberikan solusi bagi yang sedang menjaga konsumsi karbohidrat. Belum ada penjelasan secara terperinci tentang kandungan karbohidratnya, namun diperkirakan kandungannya sangat sedikit diangka 0 hingga 3 gram saja disetiap 100 gram daging entok.

3. Protein

Kebutuhan akan protein setiap hari pada pria dan wanita dewasa cukup besar. Dengan mengkonsumsi daging ini, akan sangat baik untuk mencapai keperluan asupan protein sebesar 38 % setiap harinya. Ini dikarenakan dalam setiap 100 gram daging tanpa kulit terdapat sekitar 18,29 gram protein dam pada setiap 100 gram daging tanpa kulit kadar proteinnya meningkat sebesar 20,56 gram.

4. Lemak

Lemak menjadi sumber terbesar kalori pada daging entok yang mencapai 60 persen dari total kalori daging. Disetiap 100 gram daging, terdapat sekitar 13 gram total lemak, 4 gram lemak jenuh dan 125 mg kolesterol. Jumlah ini mampu memenuhi 21% keperluan total lemak dan 24 % lemak jenuh. Selain itu, dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi, mampu memenuhi sekitar 42% kebutuhan kolesterol. Tentu, bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol harus memperhatikan masalah ini.

5. Zat Besi

Kandungan zat besi yang cukup tinggi juga akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Tingginya zat besi akan membantu dalam mengoptimalkan fungsi dari proterin, enzim serta pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram daging entok, maka akan dapat memenuhi 7 hingga 8 % kebutuhan zat besi pada tubuh. 

6. Mineral Lainnya

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan diatas, daging entok juga kaya akan berbagai macam mineral untuk kebutuhan tumbuh kembang tubuh. Beberapa diantaranya adalah kalsium, fosfor, natrium, kalium, niasin serta seng. 

Manfaat Daging Entok Untuk Hipertensi
Manfaat Daging Entok Untuk Hipertensi

Manfaat Daging Entok Untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Program Diet

Jika kita bandingkan jumlah kalori antara daging ayam dan daging entok, daging ini memiliki kandungan kalori dibawah daging ayam. Dengan jumlahnya yang lebih rendah, akan membantu Anda dalam menjalankan program diet tanpa harus mengurangi konsumsi daging.

2. Mengencangkan Masa Otot

Tingginya jumlah protein dalam daging entok mampu membantu dalam menambah masa otot. Selain itu, zat ini juga mampu membantu dalam meregenerasi kerusakan otot akibat dari aktivitas yang berat. Biasanya protein tertinggi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daging bagian dada.

3. Mencegah Anemia

Dalam mencegah anemia, dibutuhkan mineral yang disebut sebagai zat besi. Kekurangan zat ini dapat menjadi awal terjadinya anemia yang ditandai dengan keletihan. Pada daging entok terdapat kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Sehingga, mampu untuk mencegah terjadinya anemia.

4. Menjaga Daya Imun

Daya Imun bisa terbentuk melalui banyak cara salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Zat ini mampu meningkatkan sekresi enzim dalam menetralkan racun.

5. Meningkatkan Stamina

Stamina adalah salah satu yang menjadikan tubuh tetap prima. Sumber utama dalam menjaga stamina adalah banyaknya kalori yang dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan kalori tubuh. Dan pada pembahasan di atas, kita telah mengetahui bahwa daging memiliki sedikit lebih rendah kalori, tetapi jumlah ini telah cukup dalam menjaga serta meningkatkan stamina tubuh.

6. Sebagai Antioksidan

Dalam setiap unggas terdapat zat carnocyn yang dapat berperan sebagai antioksidan. Dengan mengkonsumsi daging secara rutin dengan mengolah daging secara tepat, akan membuat kandungan antioksidan mampu berperan secara optimal pada tubuh.

Manfaat Daging Entok Untuk Hipertensi 

Manfaat daging entok untuk hipertensi bisa diambil dari kandungan nutrisinya. Perlu diperhatikan bahwa daging ini tinggi akan kandungan purin yang berbahaya bagi penderita asam urat. Bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi bisa sesekali mengkonsumsi daging entok namun perlu menghindari bagian lemaknya. Pastikan yang Anda konsumsi adalah bagian daging tanpa kulit. Namun, jangan terlalu banyak juga makan daging entok tersebut. Manfaat daging entok untuk hipertensi memang tidak terlalu baik. Cara ini digunakan hanya sebagai rasa "kangen" pada pecinta daging entok.

Kesimpulan

Kandungan gizi pada daging entok sangat lengkap. Banyak kandungan zat yang memang diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan tingginya kandungan tersebut, manfaat daging entok untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat juga kandungan purin yang cukup tinggi. Ini tentu harus diperhatikan bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content