Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

Manfaat  Lidah Buaya Untuk Wajah
Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

MyTiffanyDiary - Tanaman lidah buaya atau yang terkenal dengan nama aloe vera merupakan tanaman dengan sejuta khasiat. Tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan hingga saat ini tanaman aloe vera tetap banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pemanfaatan dari lidah buaya adalah untuk menjaga kesehatan kulit pada wanita. Sebagai seorang wanita pasti kita sering menghadapi permasalahan seperti jerawat, terlebih jika masa bulanan telah tiba. Jerawat yang dialami tentu akan sangat mengurangi rasa percaya diri dalam diri seseorang. Untuk itu sangat penting untuk kita melakukan pencegahan dengan bahan alami seperti lidah buaya. Berikut ini akan kami sajikan beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah pada wanita. 

Baca Juga: Masker Wajah Terbaik Wanita

Apakah Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah?

Banyak sekali pemanfaatan lidah buaya pada wajah. Sebagian besar pemanfaatan lidah buaya adalah diambil bagian dagingnya yang menyerupai gel. Bagian inilah yang kaya akan berbagai macam manfaat. Daging lidah buaya dapat dimanfaatkan dengan cara dioleskan ataupun dipakai sebagai masker wajah. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

1. Mengatasi Kulit Kering

Aloe vera memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Bentuknya yang seperti gel juga sangat cocok digunakan untuk melembabkan kulit yang kering. Hal ini disebabkan lidah buaya juga memiliki kandungan antioksidan serta mineral lain yang sangat bagus untuk kulit. Cara penggunaan sangat mudah dan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Cukup kupas dan ambil bagian dagingnya, setelah itu oleskan pada bagian wajah.

2. Meredakan Gejala Eksim

Eksim merupakqn gejala dimana kulit mengeluarkan sisik, pecah - pecah dan dikondisi tertentu akan terasa gatal. Kondisi ini sering dialami oleh usia muda, namun seringkali juga dirasakan oleh orang dewasa. Kondisi kulit yang pecah - pecah akan sangat rentan oleh infeksi bakteri serta jamur. Salah satu cara mengatasi eksim secara alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas dari lidah buaya, tumbuhan ini diklaim memeiliki zat antibakteri serta antijamur.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang diderita hampir 80 persen orang di dunia. Kondisi ini dapat mengganggu secara fisik maupun mental. Untuk mengatasinya selain menggunakan produk moisturizer terbaik yang direkomendasikan mytiffanydiary, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya dalam mengatasi kondisi ini. Kandungan antibakteri dan antiradang pada daging lidah buaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

4. Mengobati Kulit Terbakar

Sensitivitas kulit terhadap pancaran sinar matahari setiap orang berbeda-beda. Ada yang mampu untuk dibawah terik matahari secara langsung, ada pula kulit sensitif yang apabila terkena pancaran sinar matahari akan langsung memerah dan terbakar. Bagi yang memiliki kulit sensitif dan mengalami kulit memerah karena terbakar matahari, Anda dapat mengatasinya menggunakan lidah buaya. Gel pada lidah buaya memiliki sifat dingin yang dapat meredakan panas karena sensasi kulit terbakar. Selain itu kandungan antiradang mampu mengatasi iritasi pada kulit terbakar.

5. Menghilangkan Bintik Hitam

Bintik hitam atau hiperpigmentasi pada wajah dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena paparan sinar matahari. Paparan sinar ini menyebabkan terbentuknya Melamin atau dikenal dengan istilah Melasma.selain itu, melamin juga busa terbentuk dari kotoran yang menumpuk. Walaupun sulit dihilangkan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan lidah buaya. Aloin yang terkandung didalamnya mampu mencerahkan kulit serta membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi. 

Jenis Lidah Buaya

Banyak sekali jenis dari lidah buaya yang ada didunia, bahkan di Indonesia sendiri ada lebih dari 100 jenis yang bisa ditemukan. Berikut beberapa jenis lidah buaya yang bisa Anda temui.

1. Aloe Albiflora

Jenis yang satu ini sangat terkenal akrena ukuran lidah buaya yang terbilang lebih kecil dari yang lainnya. Warnanya juga memiliki corak hijau dengan bintik keabuan. Yang paling menarik, aloe albiflora dapat tumbuh bunga warna putih yang sangat cantik.

2. Aloe Ballyi

Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, ballyi dapat tumbuh sangat besar hingga lebih dari 5 meter. Namun, Anda harus menahan rasa penasaran Anda karena yang satu ini sudah sangat jarang ditemukan dan termasuk tanaman yang terancam punah.

3. Aloe Ellenbeckii

Ellenbecki berasal dari dari wilayah Afrika seperti ethiopia serta Somalia. Namun, varian ini merupakan varian lidah buaya yang sangat mudah untuk kita jumpai. Kandungan airnya juga sangat banyak sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan dalam perawatan kulit Anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama