Alat Untuk Membuat Batik Tulis

Canting
Alat Untuk Membuat Batik Tulis

MyTiffanyDiary - Batik adalah motif gambar yang dibentuk di atas kain dengan menggunakan malam dan umumnya dalam setiap penggambaran motifnya memiliki makna tertentu. Berdasarkan asal wilayahnya batik dapat dibedakan menjadi batik Solo, batik, Batik Yogyakarta, Batik Cirebon, Batik Pekalongan dan Batik Bali. Selain itu terdapat juga klasifikasi batik berdasarkan cara pembuatannya yaitu batik printing, batik cap serta batik tulis. Dari ketiga macam batik tersebut batik printing memiliki biaya produksi paling murah serta prosesnya paling cepat. Sedangkan batik tulis memiliki biaya produksi yang cukup tinggi serta memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, batik tulis juga mempunyai kualitas diatas batik - batik lainnya. Tentu saja ini sangat sebanding dengan waktu dan biaya untuk produksi. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui apasaja alat untuk membuat batik tulis? Berikut ulasannya. 

Peralatan Untuk Membuat Batik Tulis

Batik tulis merupakan batik yang dibuat secara manual dan keseluruhan prosesnya dilakukan dengan tenaga manusia mulai dari pengambaran motif hingga peneraan malam pada kain. Inilah yang menyebabkan batik tulis memiliki harga yang tinggi, karena keseluruhan prosesnya dilakukan manual secara detail sehingga memerlukan waktu lebih lama. Namun, hasilnya juga sangat baik bahkan batik tulis seperti ini dapat bertahan lama hingga puluhan tahun. Tak heran jika kita pernah melihat batik yang telah berusia puluhan atau ratusan tahun di museum batik. Karen batik tulis memang memiliki kualitas yang sangat terjamin. Bahan dan alat untuk membuat batik tulis yaitu:

Bahan Untuk Membuat Batik

1. Malam

Bahan utama dalam pembuatan batik adalah malam. Malam adalah sejenis bahan lilin yang digunakan untuk membuat motif pada kain.

  • Malam tembokan, malam ini sering digunakan untuk backgroud yang luas.
  • Malam remukan, dapat memberikan efek pecah pada kain.
  • Malam carikan, sering digunakan sebagai isen.

2. Kain

Banyak bahan yang bisa digunakan sebagai bahan kain batik,  beberapa diantaranya adalah kain katun, kain mori hingga kain sutra. Warnanya pun bisa gelap maupun putih. Batik solo contohnya yang banyak menggunakan kain warna gelap. Sedangkan batik pekalongan dan yogya banyak menggunakan bahan kain dasar warna putih.

3. Pewarna

Fungsi dari pewarna ini adalah untuk memberikan warna yang lebih menarik pada batik. Seperti contohnya warna cerah pada batik mega mendung menggunakan warna yang berasal dari warna napftol dan indigosol. Kedua jenis ini merupakan warna buatan yang juga digunakan pada berbagai macam motif batik lainnya. Ada 2 jenis pewarna yaitu pewarna alami dan buatan.

a. Pewarna Alami

  • Warna Indogo diambil dari ranting pohon perdu.
  • Warna krem coklat diambil dari sabut kelapa.
  • Warna Coklat diambil dari daun teh tua
  • Kuning diambil dari umbian kunyit.
  • Jingga Kecoklatan diambil dari bawang merah.

b. Pewarna Buatan

  • Warna Naphtol, jenis ini sangat bermacam macam namun penggunaannya memerlukan diazonium sebagai pembangkit warna. 
  • Warna Indogosol, warna ini sangat bagus karena tidak mudah luntuk. Dalam prosesnya harus menggunakan larutan asam sebagai pembangkit warnanya.
  • Warna Rapid, jenis ini merupakan jenis naphtol yang lebih stabil dengan campuran diazonium. Rapid memiliki warna merah yang sangat khas. 

Alat Untuk Membuat Batik

1. Canting

Canting merupakan alat utama dalam pembuatan batik tulis. Canting diisi malam lalu digoreskan kedalam motif tang trlah digambar.

2. Kompor

Malam pada dasarnya merupakan benda padat, dengan pemanasan kompor akan melelahkan malam untuk selanjutnya digunakan membatik.

3. Panci Kecil

Panci kecil ini berfungsi untuk menampung dan memanaskan malam diatas kompor.

4. Gawangan / Penyangga

Penyangga ini digunakan sebagai alat untuk mempermudah membatik, dengan menyampirkan kain pada gawangan, membatik akan lebih mudah.

5. Pensil dan Penggaris

Dua alat ini merupakan alat bantu saat pertama kali membuat motif pada kain. Namun apabila sudah terbiasa mungkin hanya diperlukan pensil saja. 

Inilah beberapa penjelasan tentang bahan dan alat untuk membuat batik yang mungkin Anda butuhkan ketika ingin mencoba atau sekedar mengenal lebih jauh tentang batik. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama