5 Dampak Jika Kekurangan Konsumsi Buah dan Vitamin

Dampak Jika Konsumsi Buah dan Vitamin
Dampak Jika Kekurangan Konsumsi Buah dan Vitamin

MyTiffanyDiary - Manfaat vitamin bisa didapatkan dari buah-buahan organik. Walaupun manfaatnya sudah sangat jelas, tidak banyak orang yang mengetahui, jika konsumsi buah-buahan sangat lah penting untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Tidak tercukupinya vitamin yang didapatkan dari buah ini akan menganggu kesehatan tubuh.

Ada beragam gangguan kesehatan yang bisa saja muncul. Apa saja? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini!

5 Dampak Kekurangan Konsumsi Buah Dan Vitamin

1. Kulit Bersisik

Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A dan vitamin C pada tubuhnnya, hal ini akan berdampak pada kesehatan kulit. Sebagai contoh, kulit akan mengering dan bersisik. Manfaat tertinggi vitamin A bisa didapatkan dari  melon, mangga, pepaya, atau semangka. Tentunya, buah-buahan ini akan mendukung pemeliharaan dan perbaikan jaringan kulit tubuh manusia.

2. Kemampuan Mata Menurun

Dampak dari rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh tidak hanya berpengaruh terhadap kulit, tapi juga terhadap kesehatan mata. Pada awal, kemampuan mata untuk melihat secara tajam akan berkurang dan hal yang terburuknya adalah kebutaan. Buah-buahan seperti alpukat, apel, dan anggur adalah sumber vitamin A terbaik yang sebaiknya kamu konsumsi.

3. Otot dan Sendi Melemah

Kekurangan vitamin D pun juga bisa berakibat terhadap melemahnya otot dan sendi tubuh. Secara umum, vitamin D berguna untuk menyerap magnesium dan kalisum ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Sehingga jika hal ini tidak tepenuhi, maka akan terjadi keterlambatan pertumbuhan dan penguatan tulang. Jeruk dan tomat adalah buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin D.

4. Mudah Lelah dan Depresi

Apabila kamu mengalami kelelahan dan sering depresi, bisa jadi itu merupakan tanda kekurangan vitamin B khususnya vitamin B12. Ketika tidak mendapatkan asupan vitamin B12 yang cukup, maka sel darah merah tidak akan berfungsi secara normal. Akibatnya, anemia pun akan melanda dan berujung pada kelelahan serta depresi. Alpukat, jambu biji, dan pisang adalah contoh buah yang memiliki vitamin B12 yang tinggi.

5. Terpapar Radikal Bebas

Tingginya polusi dan radikal bebas yang bertebaran di sekitarmu dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Selain itu, keriput dan kulit kasar pun juga akan mengancam. Vitamin E yang bisa dengan mudah didapatkan bisa menjadi penangkal terhadap beragam penyakit ini. Pasalnya, di dalam vitamin E terdapat zat antioksidan yang tinggi. Beberapa buah yang mengandung vitamin E antara lain pepaya, pisang, jambu biji, dan mangga.

Tidak hanya dengan mengonsumsi buah-buahan saja, kamu pun juga harus tetap mencukupi konsumsi air mineral setiap harinya, untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebab air mineral mengandung Magnesium (Mg) yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, Potassium (K)  untuk membantu fungsi otot dan saraf, Calcium (Ca) yang membantu memelihara kesehatan tulang, Sodium (Na) yang bermanfaat untuk membantu pengaturan cairan di dalam darah dan jaringan tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content