Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Mengatasi Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

MyTiffanyDiary - Rambut rontok menjadi momok bagi kalangan wanita. Rambut yang telah dirawat bagai sebuah mahkota untuk wanita terkadang tetap mengalami kerontokan. Walaupun rambut rontok bukanlah masalah kesehatan yang serius, namun ini bisa menurunkan kepercayaan diri seorang wanita apabila rambut rontok dalam jumlah banyak. Penyebab rambut rontok sangat beragam mulai dari penggunaan shampo yang tidak cocok, infeksi hingga faktor genetik. Semua faktor ini harus Anda perhatikan untuk bisa mengetahui apa penyebab terjadinya kerontokan. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami? Berikut penjelasannya. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Jika rambut rontok masih dalam keadaan terkendali, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami atau dengan perawatan secara mandiri. 

1. Mencuci Rambut Secara Teratur

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kotoran yang menempel pada kulit kepala yang bisa mengakibatkan infeksi jamur. Ada baiknya setelah Anda melakukan aktivitas di luar ruangan yang penuh dengan polusi, bilas dan bersihkan rambut menggunakan air bersih. Akan lebih baik jika menggunakan shampo yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan rambut untuk menhindari berkembangnya jamur.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Selain dikonsumsi secara langsung, alpukat juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Kandungan protein pada alpukat mampu memberikan nutrisi kepada rambut agar kulit kepala tidak kering serta rambut tidak mudah patah. Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah, hancurkan alpukat sampai halus kemudian pakailah di area rambut beberapa menit. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memang terkenal memiliki khasiat untuk wanita. Selain digunakan sebagai masker wajah untuk mengencangkan kulit wajah serta menghindari jerawat pada area wajah, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai media untuk merawat rambut qgar tidak rontok. Daging lidah buaya yang digunakan, dapat dioleskan di area kepala selama kurang lebih 10 - 20 menit. Setelah itu bilas dan keramas menggunakan air bersih.

4. Pola Makan Sehat

Makan adalah cara sederhana untuk mengatasi rambut rontok. Anda dapat memperbaiki pola makan sehat dengan makan makanan bergizi seperti makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C serta makanan yang memiliki tinggi protein. Nutrisi yang Anda dapat dari makanan, nantinya juga dapat membantu Anda untuk mengatasi rambut rontok karena rambut juga memerlukan nutrisi salah satunya berasal dari makanan yang di konsumsi.

5. Pola Tidur Seimbang

Cara mudah lainnya dalam mengatasi rambut rontok adalah dengan mengatur pola tidur seimbang. Usahakan untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar. Kondisi ini juga sangat baik untuk kesehatan rambut karena berkaitan metabolisme tubuh yang baik sehingga mampu mendistribusikan nutrisi secara baik ke rambut. 

6. Manajemen Stress

Stres memang sangat sulit dihindari. Setiap orang memiliki beban masing-masing yang dapat menimbulkan gejala stres baik stres ringan maupun berat. Tidak dapat dipungkiri bahwa stres memiliki andil dalam terjadinya rambut rontok. Bukan hanya menyebabkan kesehatan tubuh yang kurang baik, stres juga dapat memberikan perilaku buruk yang kurang baik seperti perilaku tidak sadar saat menarik rambut. Ini menjadi permasalahan ketika rambut menjadi lebih banyak yang mengalami kerontokan. Oleh karena itu, walaupun sulit dihindari, Anda dapat mengatur manajemen stres agar terhindar dari rambut rontok.

Inilah beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami tanpa harus menggunakan bahan kimia apapun, sehingga rambut Anda yang sensitif dapat kembali menjadi indah. Untuk mengetahui penyebab rambut rontok bisa Anda baca di Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama