Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Rambut Rontok
Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Penyebab Rambut Rontok - Rambut adalah mahkota bagi seorang wanita. Pancaran kecantikan dari seorang wanita akan sangat dipengaruhi dari tampilan rambutnya. Namun, setiap wanita memiliki rambut yang berbeda-beda baik tipe mauoun bentuknya. Ketahanan rambut setiap orang juga berbeda, ada yang tahan terhadap berbagai kondisi ada  juga rambut yang sangat rentan. Bagi wanita yang memiliki rambut yang rentan akan mengakibatkan beberapa dari mereka mengalami rambut rontok. Bagi wanita yang masih muda, hal seperti ini masih dapat dibilang wajar apabila tidak rontok dalam jumlah yang banyak. Untuk wanita di usia muda, rambut yang rontok dapat tumbuh kembali dalam waktu beberapa minggu saja. Namun, jika proses pertumbuhan rambut terganggu serta kerontokan rambut terjadi dalam jumlah yang besar, maka dapat terjadi kebotakan. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Berikut kami sajikan kepada Anda. 

Mengapa Rambut Rontok?

Pertanyaan seperti d atas sering muncul dalam diri seorang wanita. Sebenarnya rontok masih bisa dikategorikan sebagai hal yang normal terjadi, namun krontokan yang massif dan tidak terkendali bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak normal didiri kita. 

1. Stress

Strees memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah rambut rontok. Kondisi rambut rontok yang awalnya merupakan sebuah kewajaran bisa berubah menjadi hal yang harus di perhatikan jika jumlahnya semakin bertambah. Faktor stress akan memperburuk keadaan dengan menghambat pertumbuhan rambut atau dikenal dengan telogen effluvium. Selain itu kebiasaan buruk akibat dari stress juga bisa mengakibatkan kebiasaan buruk seperti menarik rambut atau dikenal dengan trikotilomania. Kedua penyebab ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kebotakan. 

2. Produk Perawatan Rambut

Setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap cuaca maupun bahan kimia. Secara tidak sadar pemakaian shampo ataupun perawatan rambut lainnya juga mengandung zat kimia. Shampo yang difungsikan untuk mengatasi rambut rontok terkadang malah membuat rontok semakin parah. Hal ini terjadi karena adanya ketidak cocokan terhadap shampo yang digunakan sehingga mengakibatkan rambut keting dan mudah patah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengamati reaksi terhqdap shampo yang Anda gunakan serta menghindari mengganti jenis shampo terlalu sering.

3. Pola Makan

Seperti pertumbuhan tubuh pada manusia lainnya yang memerlukan asupan nutrisi, rambut juga memerlukan nutrisi melalui makanan. Ketika rambut tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, makan bisa mengakibatkan rambut menjadi sangat rentan rontok. Beberapa zat gizi yang bisa mendukung pertumbuhan rambut adalah vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu memperhitungkan pola makan agar nutrisi rambut juga terpenuhi.

4. Infeksi

Jika Anda mengalami rambut rontok yang berkepanjangan dalam jumlah banyak di area rambut serta di ikuti dengan rasa gatal dan kulit bersisik, ada kemungkinan Anda mengalami infeksi jamur di area kulit kepala. Jamur ini sangat mudah menular baik melalui kontak langsung maupun melalui perantara. Terkadang infeksi jamur ini akan mengakibatkan bekas luka di area kepala. Jika Anda mengalami mengalami gejala seperti ini, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda.

5. Efek Samping Obat

Apa yang kita konsumsi, akan sangat berpengaruh terhadap tubuh. Tak terkecuali dengan obat - obatan. Beberapa zat kimia dari obat dapat berdampak pertumbuhan rambut. Contohnya adalah pada obat metformin yang termasuk kedalam obat keras. Artikel yang dimuat Pubmed pada tahun 2017 silam, melaporkan kasus obat metformin dalam kaitannya denga kerontokan rambut. Hal ini dapat menjadi salah satu bukti bahwa obat dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kerontokan rambut. Pemakaian obat seperti ini sangat dianjurkan untuk di dikonsultasikan terlebih dahulu.

6. Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan faktor yang mempengaruhi kerontokan rambut di usia muda. Bukan hanya pada wanita, namun juga pada pria, fakor genetik adalah salah satu faktor yang sulit dihindari. Rambut rontok jenis ini sering untuk biasanya akan diturunkan dari genetik orang tua. Dalam istilah medis sering disebut dengan alopesia areata dimana sistem imun menganggap folikel rambut sebagai benda tak dikenal sehingga diserang dan mengakibatkan kerontokan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama