Cara Mengatasi Frustasi Dalam Diri Sendiri

Cara Mengatasi Frustasi
Ilustrasi Frustasi

Cara Mengatasi Frustasi Dalam Diri

Cara Mengatasi Frustasi Dalam Diri - Frustasi adalah tekanan dalam pikiran maupun batin yang muncul karena penyesalan maupun kekecewaan yang timbul didalam kehidupan. Frustasi merupakan efek lanjutan yang ditimbulkan oleh kegagalan dalam pencapaian target. Sebagai contoh ketika Anda memiliki bisnis dengan target penjualan 50 perhari, namun selama beberapa bulan target penjualan jauh dari target dan bahkan pendapatan yang didapatkan untuk menutupi biaya operasional saja tidak mampu. Dari sini akan muncul rasa resah didalam hati dan pikiran untuk dikarenakan kekecewaan terhadap hasil yang didapatkan. Rasa resah ini apabila tidak teratasi dalam jangka waktu yang lama akan berubah menjadi frustasi yang berkelanjutan. Setiap individu tentu memiliki daya tahan yang berbeda satu dengan lainnya, ini juga menjadi bagian bagaimana seseorang memiliki manajemen emosi yang baik atau tidak. Apabila seseorang tidak memiliki manajemen emosi yang baik maka energi negatif yang dihasilkan dari rasa frustasi akan bisa di konversikan menjadi berbagai macam hal, seperti mudah marah, melampiaskan kekesalan kepada orang lain, suka berteriak ataupun tertutup dengan lingkungan. Lalu bagaimana cara mengatasi frustasi agar energidapat disalurkan kepada hal-hal positif lainnya? Berikit pembahasannya.

Solusi Mengatasi Frustasi Dalam Diri

Cobalah mengenali diri Anda lebih dalam, apakah Anda merasa tertekan dalam suatu hal? Jika Anda merasa tertekan dan terkekang akan suatu hal cobalah beberapa hal berikut ini:

1. Berbicara Dengan Sahabat

Berbicara dengan orang lain dapat membuat hati Anda lebih lega dan tenang. Terlebih lagi jika sahabat Anda bisa memberikan masukan dan saran untuk permasalahan yang terjadi. Pastikan juga bahwa sahabat Anda merupakan orang yang dapat dipercaya agar apa yang menjadi keluh kesah Anda tidak menjadi bahan gunjingan publik.

2. Menuliskan Keluh Kesah Anda

Tidak semua orang nyaman ketika harus menceritakan permasalahan pribadinya kepada orang lain, bahkan kepada sahabatnya. Sebagai alternatifnya Anda bisa menyimpan keluh kesah Anda di buku catatan ataupun catatan telepon. Selain itu, Anda jika Anda memiliki keteramoilan menulis dan ingin mempublikasikan secara anonim, Anda bisa memosting pada blog secara anonim.

3. Mengenali Penyebab Frustasi

Anda wajib mampu mengenali diri Anda lebih baik dari orang lain. Kenali batas - batas kecemasan emosional atau batas frustasi yang mungkin pernah terjadi. Instropeksi dalam diri Anda apa yang yang menjadi penyebab rasa frsutasi Anda. Selalu siapkan beberapa langkah kedepan untuk meminimalisir terjadinya kecemasan emosi yang mungkin dapat terulang kembali.

4. Membuat Perubahan Dalam Hidup

Bulatan tekad dan beranilah dalam mengambil keputusan. Persiapkan dengan matang tentang hal yang akan menjadi langkah Anda selanjutnya. Perbaiki apa yang sudah terjadi, walaupun dengan melakukan perubahan kecil dalam hidup. Jadikan masa yang sudah berlalu sebagai pelajaran yang sangat penting di kehidupan Anda dan lupakan sisi penyesalan yang masih ada dalam diri.

5. Berliburlah Sementara Waktu

Tenangkan pikiran dengan menikmati kehidupan bersama keluarga, pasangan maupun sahabat Anda. Istirahatkan sejenak pikiran dari beban target Anda. Jauhkan sementara diri Anda dari rutinitas pekerjaan harian. Menikmati keindahan alam bisa memberikan ketenangan di hati bagi setiap orang. Setelah liburan Anda selesai pikiran akan menjadi lebih jernih. Dengan pikiran yang jernih, Anda bisa memberikan berpikir lebih baik untuk menemukan solusi dari rasa frustasi yang sedang dihadapi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama