Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Terlihat Fit

Menjaga Pola Makan
Tips Menjaga Pola Makan Agar Tetap Terlihat Fit

MyTiffanyDiary - Tubuh sehat dan ideal adalah idaman semua orang. Sebab dengan tubuh seperti ini, seseorang akan tampil lebih percaya diri. Namun untuk mendapatkannya kadang butuh cara yang tidak mudah. Belum lagi jika harus menjaganya, yang sering membutuhkan usaha lebih.

Berikut ini beberapa tips menjaga pola makan agar tetap fit yang bisa kamu coba. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Menghindari Makanan Berlemak

Apabila tubuhmu sudah sehat dengan bentuknya ideal, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari makanan yang mengandung lemak. Makanan berlemak ini lebih banyak dihasilkan dari makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak, mentega, margarin, serta santan. Cara masak ini juga akan merusak gizi makanan yang terkandung di dalamnya.

Hindari pula mengonsumsi jeroan, lemak, otak, kulit ayam, dan kuning telur. Pasalnya, makanan-makanan tersebut merupakan sumber lemak yang menyebabkan obesitas dan gangguan kardiovaskular.

2. Memerhatikan Pengolahan Makanan

Sebelum menyantap makananmu ada baiknya jika mengetahui cara pengolahannya karena ini akan berpengaruh terhadap mutu makanan yang kamu santap. Konsumsilah makanan yang menggunakan pengolahan makanan seperti dikukus, direbus, atau ditumis menggunakan sedikit minyak.

3. Mengurangi Konsumsi Bumbu Penyedap

Tidak hanya metode pengolahan makanan yang perlu dipehatikan, tapi juga yang paling utama adalah bumbu penyedap yang digunakan. Meskipun monosodium glutamat yang banyak terkandung di bumbu penyedap akan memanjakan lidahmu, tapi jangan salah karena senyawa tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu.

4. Menghindari Makanan Berbahan Pengawet

Selain konsumsi bumbu penyedap, makanan dengan bahan pengawet juga harus dihindari. Pilihlah makanan yang  terdapat tanda “TANPA PENGAWET” di kemasannya. Pasalnya, meskipun kamu mengonsumsi makanan yang bahan pengawetnya sedikit, kalau dikonsumsi secara terus menerus maka dapat menyebabkan risiko munculnya berbagai penyakit.

5. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Cara lain menjaga pola makan adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayuran secara  rutin. Kebanyakan buah-buahan serta sayuran mengandung serat yang berguna untuk mengikat zat karsinogen. Zat merupakan penyebab kanker saluran pencernaan. Sebelum mengonsumsi buah dan sayuran, jangan pernah lupa untuk mencuci bersih agar terhindar dari kontaminasi bakteri  dan residu pestisida.

6. Memperbanyak Air Putih

Tubuh manusia mengandung 70% air yang sangat berguna bagi tubuh, salah satunya menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap befungsi dengan baik. Apabila tubuhmu kekurangan air, maka otomatis akan memengaruhi organ vital tubuh.

Air minum yang sangat baik untu kamu konsumsi adalah air minum pegunungan. Karena di dalam air pegunungan terkandung mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai contoh, Magnesium (Mg) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, Potassium (K)  untuk membantu fungsi otot dan saraf, Calcium (Ca) yang membantu pemeliharaan kesehatan tulang, dan Sodium (Na) yang berguna untuk mengatur cairan di dalam darah dan jaringan tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content