Baju Batik Berpasangan Untuk Laki Laki dan Perempuan : Sarimbit

Batik Sarimbit
Baju Batik Berpasangan Untuk Laki Laki dan Perempuan : Sarimbit

MyTiffanyDiary - Trend fashion saat ini banyak menampilkan berbagai jenis pakaian yang dijual berpasangan untuk laki laki dan perempuan. Pakaian yang dijual dengan berpasangan ini sering disebut pakaian couple. Biasanya banyak digunakan untuk kondangan atau acara resmi lainnya. Untuk versi couple yang lebih santai biasanya berbentuk kaos. Tak ketinggalan ada juga baju batik yang memang dibuat secara berpasangan dan memiliki motif sama. Baju batik berpasangan untuk laki laki dan perempuan disebut dengan batik sarimbit. 

Baju Batik Berpasangan Untuk Laki Laki dan Perempuan Disebut?

Banyak sekali yang belum mengenal nama dari batik yang berpasangan untuk laki laki dan perempuan, namun sebenarnya istilah ini telah ada sejak lama. Baju batik berpasangan untuk laki laki dan perempuan terkenal dengan istilah batik sarimbit.  Sarimbit ini bukan menuju pada makna sebuah kain batik, namun lebih ke arah baju yang dibuat sevara berpasangan.

Makna Batik Sarimbit

Sarimbit sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa yang memiliki makna pasangan. Oleh karena itu dalam pembuatan batik sarimbit selalu dibuat 2 buah. Motif yang digunakan tidak harus sama persis namun bisa menggunakan motif yang hampir meyerupai. Batik sarimbit tidak hanya digunakan oleh pasangan suami istri namun sering kali juga digunakan oleh pasangan muda mudi yang ingin tampil serasi dan menarik. Batik ini lebih ditujukan untuk penggunaan acara formal seperti menghadiri undangan pernikahan atau pada acara keluarga saat lebaran. Seiring berkembangnya dunia fashion batik sarimbit tidak hanya digunakan untuk berpasangan namun bisa juga digunakan sebagai batik keluarga saat acara lebaran atau acara keluarga lainnya. 

Memilih Batik Sarimbit

1. Tentukan Motif Sesuai Acara

Sebelum memilih batik sarimbit, Anda bisa memilih motif yang disesuaikan dengan acara. Jika batik akan digunakan untuk acara resmi seperti pernikahan Anda bisa memilih motif yang memiliki kesan tegas untuk mendapatkan kesan mewah. Namun, jika digunakan untuk acara keluarga yang lebih santai, Anda bisa memilih motif santai dengan warna yang cerah. Dalam pemilihan motif, pastikan juga kenyamanan dari bahan kain pembuatnya.

2. Pilih Batik Yang memiliki Motif Sama

Batik sarimbit sangat identik dengan motif  yang sama, namun tidak dengan bentuk pakaiannya. Bentuk dari pakaian bisa sangat bervariasi namun dengan motif yang sesuai. Seperti contohnya jika Anda membeli batik mega mendung maka pasangan Anda juga harus menyesuaikan dengan motif yang sama. Alternatif jika Anda tidak menemukan yang diinginkan, Anda bisa mencari batik yang memiliki warna dan motif batik yang menyerupai.

3. Perhatikan Aksesoris

Menggunakan aksesoris tambahan seperti jam tangan, perhiasan serta aksesoris lainnya memang sangat bagus. Anda bisa mengkombinasikan tema batik dengan aksesoris headpiece atau pin yang Anda miliki. Namun, jangan sampai berlebihan dalam menggunakan aksesoris.

Dari uraian diatas, sarimbit merupakan baju batik berpasangan yang biasa digunakan laki - laki dan perempuan dalam berbagai acara. Pemakaiannya juga dapat dipadukan dengan berbagai aksesoris yang Anda miliki.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content