Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Mencuci Batik
Mencuci Batik

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Cara Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur - Batik merupakan bahan pakaian yang dibuat menggunakan cara khusus dan bahan khusus. Tidak sembarang orang bisa membuat pakaian batik. Batik dibuat menggunakan bahan malam dengan alat yang dinamakan canting. Canting inilah alay yang nantinya memberikan pola pada kain. Tentunya  sangat disayangkan apabila batik rusak karena salah dalam perawatan. Meskipun begitu, cara perawatan dari batik tidaklah begitu sulit, tetapi tetap harus diberikan perlakuan khusus untuk menjaga kualitas dari batik. Beberapa batik memang memiliki warna yang sangat baik, dan cara mencucinya harus disesuaikan agar warna tidak semakin pudar. Berikut ini akan kami sampaikan cara mencuci baju batik dengan benar dan Anda bisa menerapkannya agar batik kesayangan Anda selalu dalam keadaan siap digunakan.

Baca Juga: Motif Batik Tujuh Rupa

Cara Mencuci Batik Tulis atau Batik Cap

1. Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Jika ini merupakan pertamakalinya mencuci batik yang baru Anda beli, pastikan untuk memisah pencucian batik untuk menghindari sisa pewarna atau adanya warna yang luntur dan mengenai pakaian lainnya. Cukup rendam batik beberapa saat untuk membersihkan baju batik yang masih baru.

2. Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Mencuci secara manual tanpa menggunakan mesin cuci akan menjadi lebih baik untuk pakaian batik Anda. Batik yang kotor karena debu hanya perlu Anda rendam selama beberapa saat. Jika Anda tetap menghendaki untuk menggunakan mesin cuci, gunakan putaran yang tidak terlalu kencang untuk menjaga batik agar tidak rusak.

3. Deterjen Untuk Mencuci Batik

Deterjen untuk mencuci pakaian sangat banyak jenisnya dan untuk mencuci batik gunakan deterjen khusus untuk bahan lembut sensitif. Pastikan juga deterjen yang qkan digunakan tidak mengandung pemutih pakaian karena bisa merusak tekstur batik.

4. Jangan Mengeringkan Dengan Memeras Pakaian

Setelah dicuci, untuk mengeringkan pakaian tidak perlu memeras batiknya karena justru bisa menyebabkan kerusakan pada batik. Anda bisa sedikit menekan atau meniriskan batik sebelum Anda gantung untuk dikeringkan.

6. Hindari Menjemur Dibawah Terik Matahari Langsung

Pada saat menjemur pakaian, hindarilah untuk menjemur batik dibawah terik matahari secara langsung. Bisa Anda jemur dibawah canopy di rumah Anda agar tidak terkena panas langsung. Terlebih lagi jika batik Anda merupakan batik yang memiliki warna cerah seperti batik mega mendung, tentunya terkena sinar matahari secara langsung bisa merusah warna.

7. Setrika Dengan Setrika Uap

Tidak semua kain tahan dengan panas, akibatnya ketika disetrika alih alih ingin menjadikan pakaian menjadi rapi malah menjadikan batik rusak. Dengan setrika uap panas yang dihasilkan akan sesuai dengan ketahanan kain. Namun, apabila Anda tidak memiliki setrika uap, bisa menggunakan setrika listrik namun harus di lapisi dengan kain mori atau kain tipis sejenisnya qgar panas setrika tidak langsung mengenai batik.

Inilah beberapa tahapan cara mencuci baju batik agar berbagai macam motif batik Anda selalu dalam kondisi baik dan tahan lama. Selamat membaca dan terima kasih. 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama