Motif Batik Tujuh Rupa

Motif Batik Tujuh Rupa Memiliki Motif Khas Berupa
Motif Batik Tujuh Rupa (Sumber:pinterest.com)

Motif Batik Tujuh Rupa

Motif Batik Tujuh Rupa  - Motif batik tujuh rupa ialah salah satu bagian kebudayaan batik yang berasal dari kota Pekalongan. Pekalongan populer akan ragam jenis batiknya yang sangat modern mengikuti dengan arus tred masa kini. Tidak heran bila banyak tipe batik yang ditawarkan disini, apalagi Kota Pekalongan juga jadi salah satu pusat dari pertumbuhan batik di Indonesia. Dengan karakteristik khas batik pesisir, motif batik tujuh rupa menjadi salah satu unggulan batik Pekalongan.

Motif Batik Tujuh Rupa Memiliki Motif Khas Berupa Apa?

Setiap motif batik memiliki ciri khas masing – masing seperti halnya batik mega mendung, batik tujuh rupa pun juga sama. Motif pada batik sangat banyak faktor yang mempengaruhinya baik dari faktor initernal maupun eksternal. Faktor internal diantaranya adat istiadat setempat, kondisi wilayah saat itu maupun bisa berasal dari pengalaman sang pembuat. Selain faktor internal juga terdapat faktor eksternal yang bisa bersumber dari masuknya budaya luar. Beberpa batik Pekalongan juga lahir lewat gabungan dari budaya asing yang masuk ke daerah Indonesia. Posisi Pekalongan yang strategis berdampak banyak kepada pedagang negara lain yang masuk di Pekalongan untuk berdagang. Inilah pemicu sebagian besar batik Pekalongan mempunyai pengaruh dari negara lain. Salah satunya yaitu motif batik tujuh rupa. Motif ini ialah gabungan dari budaya Cina yang masuk ke Pekalongan pada abad ke 19. Oleh sebab itu ada pula motif batik tujuh rupa yang menambahkan hiasan keramik ala budaya Cina. Secara umum batik tujuh rupa menggambarkan suasana alam dengan ornamen- ornamen semacam tanaman dan hewan. Dan hal yang membedakan batik ini dengan batik kota lainnya yaitu penggunan warna pada kain batik yang cenderung terang dengan memakai warna- warna yang hidup.

Baca Juga: Macam Motif Batik Beserta Penjelasannya

Makna Motif Batik Tujuh Rupa

Penggambaran motif pada kain batik tujuh rupa ini menggambarkan kelembutan dan keramahan dalam jalinan budaya. Hal ini juga dipertegas dengan adanya pengaruh budaya luar yang diterima dengan tangan terbuka oleh warga Pekalongan saat itu. Apalagi, banyak batik lain yang juga mengadopsi karakteristik khas budaya negara lain. Gambaran alam dan tambahan ornamen semacam hewan serta tanaman memberikan makna kehidupan yang damai untuk warga sekitar.

Demikianlah uraian tentang Motif Batik Tujuh Rupa beserta maknanya. Selamat membaca serta semoga bermanfaat.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content