Perbedaan Counterpain Biru dan Merah : Pilih Sesuai Fungsinya

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah
Perbedaan Counterpain Biru dan Merah

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah - Nyeri sendi bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Penyebab nyeri sendi dan otot sendiri bermacam macam bisa karena aktivitas dengan intensitas tinggi, lelah otot, ataupun yang lainnya. Permasalahan seperti ini tentu akan menimbulkan permasalahan baru apabila tidak diatasi segera. 

Metode terapi yang biasa dilakukan dalam mengatasi keram otot seperti ini bisa dilakukan dengan merendam atau mengkomores dengan menggunakan air digin. Cara ini juga sering kali diterapkan apabila terjadi kelelahan otot pada atlit setelah bertanding. 

Nyeri sendiri atau otot sendiri bisa diatasi dengan menggunakan cream yang biasa disebut dengan counterpain. Ada beberapa jenis counterpain yang biasa digunakan yaitu warna merah dan biru. Lalu apa perbedaan counterpain biru dan merah? Untuk selengkapnya berikut ulasannya. 

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Counterpain?

Counterpain merupakan obat luar berbentuk cream. Obat ini digunakan dengan cara dioleskan pada permukaan kulit yang bisa didapatkan secara bebas. Penggunaan ini dipercaya dapat mengatasi nyeri otot ataupun persendian. Dalam penggunaanya, dianjurkan untuk digunakan pada batas usia 2 tahun keatas. Selain itu, bagian sensitif seperti area hidung, mata, mulut juga harus dihindari. Selesai penggunaanya, bersihkan tangan dengan air bersih. 

Varian Counterpain

Nyeri pada bagian tubuh bisa terjadi karena alasan yang berbeda. Dalam memgatasi hal tersebut counterpain memberikan beberapa pilihan varian sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Counterpain Cream

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah
Counterpain Cream

Counterpain varian ini memiliki warna yang identik dengan merah kecoklatan. Memiliki fungsi dalam meredakan nyeri otot, nyeri sendi dan gangguan otot lainnya. Didalamnya mengandung metil salisilat, eugenol dan methol yang memberikan efek hangat yang menenagkan ketika dioleskan. 

Counterpain Cool

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah
Counterpain Cool

Varian ini memiliki warna biru yang menyegarkan. Didalamnya mengandung bahan menthol 4 persen yang membuatnya dingin ketika terkena kulit. Counterpain ibi dapat digunakan dengan indikasi nyeri otot, kesleo dan adanya memar pada area tubuh. 

Counterpain PXM

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah
Counterpain PXM

Varian PXM berbentuk gel oles yang sangat halus. Terdapat kandungan piroxicam 5 mg, metil salisilat, menthol dan eugenol yang memberikan kenyamana atau menenangkan otot. Selain itu rasa sakit karena rematik juga bisa diatasi dengan gel ini. 

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah

1. Kemasan

Counterpain biru disebut juga counterpain cool. Sesuai sebutannya warnanya memiliki kombinasi warna biru. Sedangkan counterpain merah merupakan sebutan dari counterpain cream yang memiliki kombinasi warna merah kecoklatan.

2. Efek di Kulit

Perbedaan warna ini juga memberikan efek berbeda dikulit. Counterpain biru memberikan rasa dingin yang menenagkan. Sedangkan warna merah memberikan rasa hangat atau panas yang memberikan kenyamanan.

3. Fungsi

Secara fungsi keduanya juga berbeda. Varian cool dapat digunakan untuk mengatasi sakit otot karena olahraga, kesleo, memar ataupun nyeri. Sedangkan counterpain merah dapat digunakan dalam meredakan nyeri otot. 

4. Kandungan

Varian cool memberikan rasa dingin karena salah satu komposisi terbesarnya adalah menthol sebesar 4 persen. Sedangkan merah memiliki kandungan metyl salicilate, menthol dan eugenol.

Kesimpulan

Perbedaan counterpain biru dan merah  dapat kita lihat dari fungsi dan kandungannya agar nantinya dapat disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami. Biru lebih untuk mendinginkan atau menenangkan otot pasca olahraga sedangkan merah untuk mengatasi nyeri otot dan sendi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content