Perbedaan Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering Dan Lembab

Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering
Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering

Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering - Softlens merupakan lapisan tambahan yang digunakan pada bola mata untuk membantu melihat dengan lebih jelas ataupun mempercantik mata karena banyak pilihan softlens yang memiliki variasi warna yang menarik untuk dipakai. Softlens juga dikenal dengan nama lensa kontak. Alat ini juga sering digunakan sebagai pengganti kacamata agar lebih simpel dan terlihat natural.

Softlens sendiri banyak sekali jenisnya. Ini terkadang membuat kita sebagai orang awam bingung apa sih yang menjadi pembedanya. Di lain sisi kita harus memilih lensa kontak yang tepat untuk menunjang kenyamanan. Kita juga perlu mengenali kondisi dan tipe mata agar menemukan tipe lensa kontak yang cocok seperti kandungan kadar air. Berikut kita akan membahas kadar air softlens untuk mata kering. 

Perbedaan Kadar Softlens

Kadar air merupakan daya serap air yang dapat diserap oleh permukaan lensa mata. Pada bola mata sendiri ada cairan yang bernama air mata yang diproduksi sebuah kelenjar guna membasahi mata agar selalu dalam keadaan lembab. Dan air mata ini adalah salah satu sumber air yang akan digunakan softlens untuk menjaga kelambapan. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam memakai softlens, lensa mata biasanya dibedakan menurut kadar airnya. Secara umum kadar airnya dibagi menjadi 2 yaitu diatas 50% dan dibawah 50%. Untuk memahaminya berikut penjelasannya.

1. Kadar Air Dibawah 50%

Kadar air ini disebut juga sebagai kadar air rendah. Jenis ini tidak terlalu banyak menyerap air mata. Di lain sisi lensa akan terasa sedikit kaku. Bagi sebagian orang mungkin akan sedikit merasa terganggu dengan elastisitasnya. 

2. Kadar Air Diatas 50%

Kadar air yang lebih dari 50 persen biasanya disebut juga dengan kadar air tinggi. Kenapa demikian? Karena lensa mata dengan kadar sepeti ini akan banyak menyerap air terutama air mata. Namun, sisi baiknya lensa mata seperti ini akan sangat lentur dan lembut karena memiliki elastisitas yang sangat baik. 

Memilih Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering

Lensa mata terbuat dari bahan buatan seperti hidrogel. Bahan hidrogel memiliki kemampuan menyerap air yang berbeda - beda. Semakin tinggi daya serapnya maka akan semakin bersar pori pori yang ada di permukaan hidrogel agar mampu menyerap air lebih banyak. Kemampuan menyerap hidrogel inilah yang nantinya disebut dengan kadar air. 

Sebelumnya perlu kita pahami, bahwa air mata menjadi sumber air yang akan diserap oleh lensa mata. Air mata memiliki peran dalam melembabkan mata agar mata tidak kering dan gatal. 

Jika tipe mata merupakan tipe mata lembab maka akan sangat cocok untuk menggunakan lensa mata dengan lensa yang memiliki kandungan banyak air. Sebaliknya jika bertipe kering maka bisa juga menggunakan kadar air rendah. Namun, lensa akan sedikit lebih kaku daripada lensa kadar air diatas 50%. 

Jika Anda ingin tetap menggunakan softlens kadar air tinggi maka persiapkanlah air tetes mata yang khusus digunakan pada lensa guna melembabkan mata. Tetas mata ini bisa digunakan setiap 30 menit sekali atau ketika mata mulai terasa kering. 

Softlens Kadar Air Tinggi

Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering
Softlens Kadar Air Tinggi


Telah kita pahami bersama, jika softlens tipe ini mampu menyerap air dengan jumlah yang lebih banyak. Ini membuat teksturnya lebih elastis dan nyaman digunakan. Biasanya kadar air ini berada diatas angka 50. Jadi misalnya kadar air 60% maka 40% adalah bahan pembuat lensa dan 60 sisanya adalah air yang dapat diserap. Sebelum memilihnya, pastikan tipe mata Anda memiliki air mata berlimpah karena jika dipaksakan pada mata kering maka bisa menyebabkan iritasi. Contoh merk yang memberikan produk softlens kadar air tinggi.

  1. FreshKon Mosaic
  2. X2 Sanso Clear
  3. SoftVue II Ultra Comfort

Tips Menggunakan Lensa Mata

  1. Pilihlah tipe lensa sesuai dengan Kebutuhan. Jika untuk alasan medi seperti mata minus gunakanlah lensa bening.
  2. Pilihlah softlens sesuai dengan tioe mata, yaitu mata kering atau lembab.
  3. Perhatikan masa Expired. Tulislah saat pertama kali membuka box dan exp pada box. Setuap lensa berbeda-beda ada ya g tahan 1 bulan, 2 bulan 6 bulan dan sebagainya.
  4. Perhatikan batas penggunaan harian. Setiap lensa memiliki batas pemakaian yang berbeda pula, bisa 4 jam, 6 jam, atau 8 jam. Batas pemakaian ini guna meminimalisir iritasi pada mata.
  5. Jika terjadi iritasi segera hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter. 

Kesimpulan

Kadar Air Softlens Untuk Mata Kering bisa menggunakan kada air tinggi ataupun rendah. Namun, perlu diperhatikan juga bagaimana kondisi mata saat ini. Jika mata kering namun tetap menggunakan kadar air  lebih dari 50 persen maka persiapkan tetesan mata khusus untuk softlens agar mata tetap terjaga kelembapannya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content