Cara Mengenali Ciri Ciri Jam Swiss Army Asli dan Palsu

Cara Mengenali Ciri Ciri Jam Swiss Army Asli dan Palsu
Cara Mengenali Ciri Ciri Jam Swiss Army Asli dan Palsu

Cara Mengenali Ciri Ciri Jam Swiss Army Asli dan Palsu - Swiss Army adalah salah satu merk jam tangan yang sangat terkenal di Indonesia. Jam ini banyak dijual di berbagai toko jam tangan baik online ataupun offline. Berkaca dari pengalaman seorang rekan yang pernah memiliki jam tersebut, jam ini memang mempunyai detail yang sangat menarik. Sebelumnya jam tangan tersebut diperoleh melalui sistem lelang yang ada di Instagram. Open bid dimulai dengan harga 100k dengan kelipatan 50k setiap bidnya. Dalam informasi yang dicantumkan, barang tersebut merupakan barang asli yang diproduksi oleh Victorinox Swiss Army. Lelangpun berhenti dengan pemenang di harga 550k. Namun, setelah barang tersebut datang ada beberapa hal yang membuat ragu mengenai keaslian dari jam tangan tersebut. 

Saat ini banyak sekali jam tangan merk swiss army yang diperjual belikan baik swiss army SAW, DHC+ ataupun kw. Bahkan beberapa toko jam tangan di mall secara terang - terangan menjual jam tersebut dengan klaim keaslianya. Tentu kita harus sangat berhati - hati dalam membeli jam tersebut. 

Dari informasi yang kami dapat, ciri - ciri jam swiss army asli memang sedikit sulit dibedakan. Terlebih banyak sekali jenis dari swiss army yang beredar di Indonesia. Tentu ini menjadi peluang bagi oknum penjual nakal yang menginginkan keuntungan berlebih. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dan ciri ciri jam swiss army asli dan palsu. 

Jam Tangan Swiss Army Victorinox

Jam tangan ini berawal dari sebuah pisau lipat yang memiliki merk Victorinox. Seiring perubahan waktu, perusahaan tersebut memproduksi jam tangan dengan nama Victorinox Swiss Army yang terkenal dengan logo gambar positif (+) berwarna merah dan licensinya dipegang oleh Victorinox. Beberapa tahun kemudian, Swiss Army mulai masuk ke pasar US di dengan produk pisau lipatnya. Dan kemudian mulai berkembang juga beberapa jam tangan berlabel Swiss Army Watches (SAW). Brand ini kemudian memproduksi jam pria dengan berbagai model seperti classic, modern dan tentunya model army dengan logo seperti shield. Namun, pada akhirnya karena merk produk yang dinilai sensitif, Swiss Army besutan SAW berganti nama menjadi HoroSwiss. 

Lalu bagaimana dengan produk Swiss Army yang masuk ke Indonesia? Apakah sama dengan produk yang sebelumnya di bahas. Berikut penjelasannya. 

Jam Tangan Swiss Army DHC+

Swiss Army DHC+ ini tidak di produksi oleh produsen yang sama dengan SAW. Perusahaan yang memproduksinya adalah perusahaan yang berasal dari hongkong dengan logo yang hampir sama tetapi berbentuk jajar genjang. Produk ini telah sempat masuk ke pasar US, tetapi karena menggunakan nama yang sama dan logo yang hampir sama maka mendapatkan gugatan dari Victorinox. Dalam persidangan di US, Swiss Army DHC+ kalah dan harus keluar dari pasar US. Inilah awal mula jam tangan ini mulai masuk ke Indonesia. Dengan kekalahan tersebut, DHC+ mulai membidik pasar Asia dan Filipina menjadi yang pertama. Selanjutnya secara perlahan mulai masuk ke Indonesia. Dalam perkembangannya, Swiss Army ini mulai mengeluarkan berbagai jenis jam tangan dengan label yang berbeda. Ada yang hanya menggunakan label Swiss Army tanpa DHC+ juga. Selain itu logonya juga menggunakan 3 jenis, yaitu bentuk jajar genjang, shield dan bendera berkibar. Sampai saat ini, produk inilah yang telah menguasai pasar Indonesia. 

Ciri Ciri Jam Tangan Swiss Army Asli Dan Palsu

Ciri Ciri Jam Swiss Army Asli
Victorynox Swiss Army

Banyak sekali perdebatan tentang Swiss Army ini. Ada yang berpendapat jika milik SAW lah yang asli. Namun, ada juga yang berpendapat DHC+ juga merupakan yang asli. Keduanya tidaklah salah karena milik SAW lah yang memenangkan gugatan di USA. Dan juga, Swiss Army DHC+ lah yang beredar di Indonesia. Arti original disini tentu tergantung dengan persepsi masing - masing. Yang jelas merupakan barang palsu adalah Swiss Army Kw yang menggunakan mesin kaleng buatan china. 

Perbedaan Jam Tangan Swiss Army Asli dan Palsu

Sangat sulit untuk dapat membedakan mana yang ori dan mana yang palsu. Bahkan bagi orang yang telah berkecimpung di dunia jam tangan tidak bisa langsung menentukan ori atau tidak hanya dengan melihatnya sekilas. Namun, berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan.

1. Harga

Harga memang menentukan bagaimana kualitas dari suatu barang. Ketika suatu barang banyak peminatnya maka akan banyak replika yang akan beredar dengan kualitas yang tidak baik. Jika Anda menemukan Swiss Army dengan harga puluhan ribu saja, tentu Anda harus berhati-hati.

2. Toko

Sampai saat ini kami belum bisa menemukan toko yang secara resmi menjual Swiss Army Indonesia. Namun, beberapa tahun lalu sempat ada website swiss army Indonesia untuk produk DHC+ yang saat ini sudah tidak bisa di akses. Sedangkan untuk produk Victorinox, toko onlinenya masih bisa diakses namun tidak dapat di order langsung melalui website resminya.

3. Jarum Jam

Untuk produk kw, jarum jam biasanya terlihat tipis dan murahan. Sedangkan produk DHC+ akan terlihat kokoh. Namun ini juga tidak bisa menjadi acuan utama karena banyak sekali variasi dari swiss army kw yang beredar saat ini.

4. Logo

Kembali lagi ke masalah logo yang memang sedikit membingungkan. Untuk DHC+ hanya terdapat 3 jenis logo yang saat ini digunakan yaitu shield, jajar genjang dan bendera berkibar. Setidaknya dengan mengetahui 3 jenis tersebut akan menjadi sedikit filter jika akan membeli produk dari DHC+ ini.

5. Garansi

Untuk memastikan keaslian selanjutnya adalah pada garansinya. Garansi produk Swiss Army asli adalah garansi International. Jadi pastikan kembali saat membeli terdapat buku garansi untuk klaim garansi jam tangan.

6. Mesin

Cara pasti untuk menentukan keasliannya adalah dengan membuka dan melihat mesinnya. Tentu kita tidak bisa langsung membukanya jika belum ada pembelian. Namun, inilah cara terjitu untuk mengetahui ciri ciri jam swis army original. Untuk barang kw biasanya akan menggunakan mesin jam kaleng buatan china. Mesinnya terlihat longgar, sedangkan yang asli akan terlihat sangat rapat pada bagian mesin. 

Kesimpulan

Swiss army yang beredar di Indonesia adalah milih DHC+. Memang banyak polemik mengenai apakah jam tangan tersebut dapat dikategorikan original atau bukan. Tetapi jam tangan ini juga banyak di kw kan oleh pihat tertentu menggunakan mesin kaleng. Ciri ciri jam swis army original sendiri memang tidak bisa dengan mudah dibedakan. 2 hal pasti dalam membedakannya adalah dari garansi dan juga mesinnya. Sekian tentang tentang perbedaan jam swiss army asli dan swiss army palsu. Bagi yang ingin memberikan opininya tentang hal ini bisa langsung tulis di komentar ya. Selamat membaca.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content