Kenali Stretch Mark Pada Remaja, Ini Penyebabnya

Stretch Marks Pada Remaja
Stretch Marks Pada Remaja

MyTiffanyDiary - Kondisi ini biasanya sering terjadi pada wanita hamil. Hal ini terjadi karena adanya jaringan kulit yang tertarik dan mengakibatkan perenggangan. Area yang sering terjadi stretch mark pada ibu hamil adalah pada perut dan payudara. Hal ini karena dikarenakan ukuran perut ya g semakin membesar karena janin semakin berkembang. Namun, kondisi ini banyak terjadi juga pada wanita remaja di usia yang masih terbilang sangat muda. Hal ini membuktikan bahwa guratan stretch mark bisa terjadi di berbagai usia pada wanita. Untuk selengkapnya bagaimana stretch mark pada remaja bisa terjai, yuk ikuti ulasan di bawah ini. 

Bagian Tubuh Yang Rentan Stretch Mark

Tidak semua bagian tubuh memiliki potensi stretch marks namun hanya beberapa bagian saja yang berpotensi besar, diantaranya:

  1. Area payudara;
  2. Bagian pertut;
  3. Paha;
  4. Pantat;
  5. Bagian Lengan Tangan;
  6. Lutut. 

Penyebab Stretch Mark Pada Remaja

Bagi remajabtang mengaki stretch mark pada area tubuh, tak perlu khawatir karena ini umum terjadi pada remaja. Beberapa kondisi yang menjadi penyebab bekar guratan ini diantaranya:

1. Fase Pubertas

Fase ini merupakan fase dimana remaja akan tumbuh dengan cepat. Pubertas pada wanita akan terjadi lebih cepat. Kondisi ini akan mengakibatkan penambahan berat badan yang cukup signifikan hingga memicu terjadinya stretch mark.

2. Obesitas

Obesitas menjadi salah satu penyebab utama terjadinya guratan pada area tubuh. Biasanya ketika terjadi obesitas, akan terjadi lipatan - lipatan yang terbentuk oleh penumpukan lemak. Pada area inilah yang biasanya akan sering terjadi guratan berwarna merah hingga putih.

3. Faktor Genetik

Faktor genetik ini bisa diturunkan dalam keluarga dan mungkin salah satu dari anggota keluarga kalian juga mengalami kondisi ini. Ada 2 kondisi penyebab terjadinya guratan, yang pertama adalah sindron cushing dan sindrom mafan. Bagi remaja yang mengalami ini, maka akan menjadikan kualitas elastisitas kulit tidak sebaik dengan lainnya. Dan kertika terjadi pertumbuhan atau penambahan berat badan, maka akan terbentuk berbagai guratan seperti di area paha, perut hingga payudara. 

Mengatasi Stretch Mark Pada Remaja

Pada usia remaja, tubuh akan secara cepat mampu beradaptasi dengan kondisi. Regenerasi sel juga dapat terjadi dengan cepat. Oleh karena itu ada beberapa cara sederhana yang busa dilakukan untuk menghindari terjadinya stretch mark pada kulit.

  1. Berolahraga;
  2. Makan Teratur dan Bergizi;
  3. Tidur Cukup;
  4. Menggunakan Moisturizer;
  5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D (sinar matahari).
Strech mark pada remaja lebih mudah hilang jika dibandingkan dengan orang dewasa dan untuk menjaga kondisi ini, Anda perlu mengikuti hidup sehat seperti rekomendasi di atas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content