Kenali Tanda Tubuh Kurang Berolahraga

Kurang Berolahraga
Olahraga

Tanda Tubuh Kurang Berolahraga - Olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh kita. Dengan olahraga dan nutrisi yang baik menjadikan kita terjaga dan selalu sehat. Akan tetapi dengan pandemi, menjadikan hampir semua kegiatan dilakukan dirumah. Semua mobilitas kita terbatas pada tempat tertentu. Banyak tempat publik yang ditutup demi mendukung program PPKM pemerintah untuk menurunkan tingkat penyebaran virus corona terutama varian delta. Aktivitas fisik juga menjadi sangat terbatas dan ini mengakibatkan kita lebih banyak menghabiskan kegiatan dengan kegiatan yang pasif. Minimnya kegiatan fisik menjadikan kita lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Tanda Tubuh Kurang Berolahraga Yang Bisa Kita Lihat :

1. Berat Badan Naik

Olahraga merupakan cara sehat untuk mempertahankan tubuh ideal sekaligus menjaga kebugaran tubuh. Jika Anda adalah salah satu orang yang gemar berolahraga dan dikarenakan pandemi menyebabkan Anda harus mengurung niat untuk berolahraga, Anda akan merasakan dibeberapa bagian tubuh akan muncul beberapa timbunanan lemak yang menyebabkan berat badan naik. Kondisi ini bisa diperparah jika sering mengkonsumsi junk food atau makanan berlemak tinggi. Disaat banyak aktivitas yang dibatasi saat pandemi penting untuk makan makanan sehat untuk menjaga berat badan dan kebugaran tubuh. Lakukan juga aktivitas fisik kecil lainnya agar tubuh tetap bergerak walaupun di dalam ruangan. Anda bisa melakukan sit up, push up, atau pun yoga dengan mengikuti panduan dari televisi kesayangan.

2. Badan Terasa Pegal

Olahraga juga meruapan salah satu cara untuk melakukan perenggangan otot dan sendi di tubuh. Manusia dewasa memiliki 250-350 sendi dan memiliki lebih dari 600 otot pada tubuh manusia yang di bagi menjadi beberapa jenis. Bayangkan jika sendi dan otot yang selalu dilatih dengan berolahraga dikarenakan pandemi harus berhenti melakukan olahraga seperti biasanya. Pada bagian tertentu Anda pasti merasakan pegal dan linu. Tetapi jika Anda melakukan olahraga kembali dapat menjadikan badan kembali bugar seperti biasanya. Selama apapun pekerjaan di rumah, pastikan Anda melakukan aktivitas ringan agar otot dan sendi tidak tegang.

3. Susah Tidur di Malam Hari

Apakah Anda pernah mengalami susah tidur di malam hari? Bahkan susah tertidur sampai pagi hari? Berhati-hatilah dengan kondisi ini, bisa jadi susah tidur terjadi karena kurang berolahraga. Selain menyalurkan energi secara positif, Anda juga akan merasa lebih tenang dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebelum tidur Anda bisa melakukan olahraga kecil 30 sampai 60 menit untuk menyalurkan memberikan kualitas tidur yang lebih baik.

4. Sering Merasa Lelah

Sering merasa lelah juga bisa menjadi salah satu tanda tubuh kurang berolahraga. Jika dalam satu hari merasa lelah padahal sudah menghabiskan waktu seharian untuk beristirahat, Anda harus memulai kembali hidup sehat dengan berolahraga. Dengan olahraga secara teratur dapat berpengaruh di sistem saraf pusat untuk mengurangi kelelahan. Selain itu dengan aktivitas fisik, menjadikan Anda memiliki energi lebih sebagai cadangan.

5. Stress

Stress sering di alami oleh hampir semua orang baik itu ringan atau berat. Hormon epinefrin dan kortisol adalah beberapa hal yang mempengaruhi kondisi stress dan dengan berolahraga akan menurunkan kadar epinefrin dan kortisol dalam tubuh. Olahraga juga merupakan aktivitas untuk menyalurkan emosi dan dengan begini dapat menjadikan tekanan baik fisik dan psikos lebih terjaga.

6. Susah Konsentrasi

Sering lupa menaruh kunci? Atau susah fokus terhadap apa yang menjadi pokok pembicaraan juga merupakan tanda-tanda Anda memerlukan olahraga kembali. Dengan olahraga Akan terus melatih fokus dan sensitivitas pada diri serta meningkatkan tingkat percaya diri. Saat olahraga kita juga akan dihadapkan untuk mengambil keputusan secara cepat, ini juga bisa menjadi salah satu latihan dalam pengambilan keputusan dalam diri.

7. Mudah Sakit

Ketika metabolisme dan sirkulasi darah sedikit terhambat, dapat menyebabkan Anda lebih mudah sakit. Tetapi, jika berolahraga secara teratur, metabolisme dalam tubuh akan lancar dan menjadikan sistem imun Anda lebih baik. Olahraga jenis tertentu juga dapat meningkatkan pernafasan dan otot jantung. Pikiran terhindar dari stress, tidur dengan kualitas terbaik serta mengkonsumsi makanan sehat akan menyeimbangkan hidup Anda kearah hidup yang lebih sehat.

Jika dari ketujuh hal diatas Anda mengalaminya, berhati – hatilah, mungkin itu merupakan salah satu tanda bahwa Tanda Tubuh Kurang Berolahraga. Perbanyaklah aktivitas diluar ruangan untuk memberikan gerak tubuh yang lebih banyak serta konsumsi makan – makanan sehat untuk membantu tetap bugar.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama