Jenis Lebah Madu di Indonesia

 
Jenis Lebah Madu
Jenis Lebah Madu

Jenis Lebah Madu di Indonesia

Jenis Lebah Madu di Indonesia - Proses Terbentunya Madu dan Jenis Lebah Madu - Madu adalah cairan yang berasal dari lebah, baik yang ditangkarkan maupun yang berasal dari alam liar.  Madu sudah dikonsumsi sejak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Bahkan dalam agama Islam, madu disebutkan memiliki banyak khasiat. Hingga saat ini madu juga dipercaya memiliki banyak manfaat sehingga sering di konsumsi secara rutin atau sebagai booster imun tubuh.

Bagaimana  Proses Terbentuknya Madu?

Untuk memproduksi madu, lebah memerlukan nektar yang berasal dari bunga. Mereka bekerja bersama - sama sebagai sebuah koloni besar untuk menemukan bunga. Bahkan untuk menemukan bunga terbaik sebagai sumber nektar, mereka terbang hingga 5 km. Selain sebagai sumber utama pembuatan madu, nektar bagi lebah juga berfungsi sebagai sumber tenaga. Nektar masuk melalui belalai kecilnya yang kemudian masuk ke perut khusus lebah dan terjadi proses pemecahan gula kompleks dari nektar ke gula yang lebih sederhana. Perlu diketahui bahwa lebah memiliki 2 jenis perut, yang pertama untuk menyimpan nektar dan yang satu untuk proses pencernaan. 1 ekor lebah membutuhkan ratusan hingga ribuan bunga untuk memenuhi perut penyimpanannya. Ketika sudah terpenuhi, lebah akan kembali kesarangnya. Di lain sisi, pada perut lebah tempat menyimpan nektar, akan terjadi proses pengolahan nektar dengan enzim yang ada pada perut madu.

Ketika sampai di sarang, nektar yang ada pada perut lebah akan dimuntahkan. Selanjutnya lebah lain yang berusia lebih muda yang berada disarang akan memasukan kembali ke dalam perutnya untuk diproses ulang. Hal ini akan berlangsung berulang - ulang sampai nektar ini berubah menjadi madu. Madu yang sudah jadi kemudian dimasukkan kedalam bilik penyimpanan yang ada di sarang. Selanjutnya madu akan ditutupi lapisan lilin yang pada bagian atasnya. Madu yang sudah jadi ini, akan disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama dan dapat dijadikan cadangan makanan untuk koloni lebah. Cadangan makanan yang berlimpah inilah yang nantinya diambil oleh manusia untuk dikonsumsi. Berikut merupakan jenis lebah madu yang sering di temukan di Indonesia.

Jenis Lebah Madu di Indonesia

Didunia ini, banyak sekali jenis lebah yang ada, tetapi hanya beberapa saja yang dibudidayakan sebagai lebah penghasil madu. Beberapa diantaranya adalah:

1. Apis Mellifera

Lebah ini merupakan salah satu lebah yang banyak yang di budidayakan dan biasa juga disebut dengan lebah unggulan. Selain karena hasil madu melimpah yang dihasilkannya, lebih jenis ini juga sangat tenang dan tidak agresif. Lebah ini biasanya juga dapat menghasilkan royal jelly, propolis, lilin, dan pollen yang cukup banyak. Oleh karena itu, banyak tempat yang telah membudidayakan,  kita bisa temukan di peternak daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Papua

2. Apis Florea

Lebah jenis ini juga bisa di Jumpai di Indonesia. Tetapi sangat sedikit peternak yang membudidayakannya. Dalam setiap koloni, jenis lebah ini hanya bisa menghasilkan madu sekitar 1 - 3 kg. Di Indonesia sendiri lebah jenis ini sering disebut dengan lanceng dengan ciri khas tubuh lebah yang sangat kecil. Dengan produksi madu yang sangat sedikit serta jarangnya peternak Indonesia yang membudidayakan, harga madu ini juga mungkin bisa terbilang lebih mahal dari madu biasanya.

 3. Apis Cerana

Apis Cerana merupakan lebah yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Produksi madu pertahunnya juga masih relatif sedikit jika dibandingkan dengan Apis Mallifera yaitu hanya sekitar 6 -  12 Kg pertahunnya untuk satu koloni lebah. Jenis ini juga lebih sulit dikelola karena jika ada perubahan iklim atau ada sarang terganggu dengan datangnya predator maka lebah jenis ini akan memilih untuk memindahkan sarangnya.

 4. Apis Dorsata

Jenis ini adalah jenis lebah yang sangat sulit dibudidayakan karena sifatnya yang ganas dan berukuran lebih besar dari lebah lainnya. Lebah ini bisa ditemukan di hutan tropis pada sisi - sisi tebing. Bagi para pencari madu lebah liar, mereka harus sangat berhati - hati karena sengatan lebah ini sangat menyakitkan. Hal baiknya dalam setiap 1 koloni, mereka dapat menghasilkan madu hingga 60kg.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama