Stimulasi Maianan Bayi 3 Bulan

Stimulasi Maianan Bayi
Stimulasi Mainan Bayi 3 Bulan

Stimulasi Maianan Bayi 3 Bulan

Stimulasi Maianan Bayi 3 Bulan - Sensori motorik bayi dimulai pada usia ini, dimana bayi sudah dapat merasakan permukaan teksture benda apa yang ada disekitarnya. Tentunya bunda harus bisa membantu mengoptimalkan proses pembelajaran bayi dalam masa tumbuh kembang dengan cara yang menyenangkan. Biasanya pada usia 3 bulan  bayi sudah dapat tengkurap, menggengam, menendang, dll. Bunda dapat memberikan mainan yang terbuat dari bahan-bahan aman dan lembut sehingga bayi dapat dengan mudah memainkannya. 

Rekomendasi Stimulasi Maianan Bayi 3 Bulan

1. Playmat & Playgim

Mainan ini berbentuk alas matras lembut yang terdapat mainan berbagai warna  dan bentuk menarik diatasnya. So, bayi akan aktif bergerak. Namun playgim ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Meskipun begitu ini sangat perlu dibeli untuk membantu dalam proses tumbuh kembang dalam sistem motorik anak. Ada beberapa versi tambahan dalam “Playmat & Playgim” yaitu seperti piano, musik, kerincingan. Bisa digunakan sejak usia 3 bulan hingga 12 tahun. 

2. Mainan Karet

Berbagai mainan karet sangat diminati oleh bayi karena bentuknya yang lembut dan kenyal, benda ini sangat mudah digenggam dan digigit. Bunda dapat memilih bentuk yang kecil dan berteksture agar dapat membantu baby dalam proses merangsang pertumbuhan gerak lengan dan mulut baby. Bunda harus memperhatikan bahwa produk mainan karet harus aman dengan mengecek pada kemasan, bahwa produk itu telah tertera SNI sehingga aman untuk anak.

3. Rattle

Berikutnya adalah mainan yang wajib dimiliki oleh bayi. Mainan ini bisa digenggam dengan mudah. Ada 2 versi mainan ini, yaitu berbahan dasar kain dan plastik keras. Didalamnya juga terdapat suara gemerincing ketika digoyangkan oleh bayi. Mainan ini memiliki bentuk yang beragam, seperti hewan, bunga, karakter kartun, mobil, dll. Sangat efisien ketika dibawa bepergian 

4. Boneka 

Termasuk dalam tipe jenis mainan yang universal karena memiliki tipe bentuk yang dapat digunakan oleh anak laki-laki ataupun perempuan. Namun ada spesifikasi khusus dalam membeli mainan ini, anda harus memperhatikan bentuk dan warnanya. Biasanya untuk anak laki-laki bewarna biru, sedangkan anak perempuan bewarna merah muda. Untuk tipe universal anda dapat memilih karakter hewan sebagai pendamping mainan lainya. Benda lembut yang nyaman  ini bisa sebagai alternatif bantal atau guling anak untuk teman tidur. 

5. Mainan Gantung

Biasanya mainan ini digantung pada box bayi, sebagai lagu tidur maupun lagu ceria agar anak tidak bosan didalam box bayi. Mainan gantung memiliki banyak jenis seperti bentuk hewan, bunga, antariksa, karakter kartun, dll. Termasuk dalam mainan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa membelinya di e-commers.

6. Mainan Becermin 

Pada masa ini bayi sangat tertarik dengan benda-benda yang unik seperti cermin, karena cermin terdapat refleksi yang menirukan gerakan bayi. Maka dari itu bayi sangat suka untuk melihat cermin, biasanya bayi akan tertawa dan tersenyum. Anda dapat membeli mainan cermin dengan ukuran yang sesuai dengan anak anda.

7. Buku

Yang terakhir ada buku, bayi suka dengan benda dengan warna yang mencolok seperti buku cerita atau bergambar. Didalam buku terdapat bentuk dan warna yang menarik perhatian dari anak anda. Pilihlah buku yang memiliki ketebalan 1 – 2 cm sehingga tidak mudah dirusak oleh anak.  Mainan ini bisa digunakan dalam jangka panjang sampai usia balita sebagai metode pembelajaran tingkat lanjutan.

Inilah beberapa rekomendasi stimulasi mainan bayi 3 bulan untuk membantu anak Anda 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama