Jenis Batik Yang Memiliki Kualitas Tinggi

Jenis Batik Yang Memiliki Kualitas Tinggi
Jenis Batik (Source:liputan6)

Jenis Batik Yang Memiliki Kualitas Tinggi

Jenis Batik Yang Memiliki Kualitas Tinggi - Memilih batik dengan kualitas terbaik menjadi prioritas demi kepuasan akan kain batik. Namun tak jarang, kita merasa bimbang dalam menentukan pilihan. Apalagi, selera akan batik setiap orang berbeda - beda. Selain mempertimbangkan selera batik, kenyamanan juga harus dipertimbangkan. Biasanya kenyamanan dalam kain batik juga berbanding lurus dengan kualitas serta harga batik. Yang berarti jika Anda ingin mendapatkan kain batik yang nyaman, Anda harus memilih batik yang berkualitas dan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan batik yang berkualitas tentu diperlukan bahan yang lebih mahal dan mungkin proses pembuatannya memerlukan waktu yang lebih lama. Dua hal penting yang dapat mempengaruhi kualitas yaitu jenis bahan dan teknik pembuatan. Berikut penjelasannya. 

Baca Juga: Macam Motif Batik Beserta Penjelasannya

Berikut Pilihan Batik Yang Memiliki Kualitas Tinggi

1. Berdasar Teknik Pembuatannya

Dari yang kita ketahui, pembuatan batik dilakukan dengan menggunakan 3 metode. Perbedaan cara ini yang nantinya akan memberikan kualitas yang berbeda-beda. 

a. Batik Tulis 

Batik ini bisa dibilang sebagai batik dengan kualitas terbaik. Pembuatannya pun tidaklah mudah dan memerlukan ketelitian dikarenakan harus menggambar langsung malam pada kain menggunakan alat yang dinamakan canting. Motif yang dihasilkan dengan proses manual ini dapat tembus hingga bagian belakang kain sehingga memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan cara pembuatan dan waktu pengerjaan yang cukup lama, harga kain ini terbilang cukup mahal. Namun Anda tak perlu khawatir, karena harga yang harus dikeluarkan sangat sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Salah satu jenis batik yang terkenal dengan batik tulis adalah batik mega mendung. Batik ini sangat terkenal dengan keindahan warna, corak serta kualitasnya.

b. Batik Cap 

Batik cap merupakan batik dengan kualitas sedang dengan harga yang lebih terjangkau. Proses pembuatannya dilakukan dengan menggunakan cap yang berasal dari kayu. Cap tersebut dicelupkan pada malam dan kemudian diterakan pada kain untuk membentuk pola. Pola ini didapatkan dari hasil guritan pada bagian bawah cap. Prosesnya yang bisa dibilang cukup cepat membuat harga batik ini lebih terjangkau daripada batik tulis.

c. Batik Printing 

Teknik ini merupakan teknik pembuatan batik dengan waktu tercepat. Bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Prosesnya hampir sama dengan sablon pakaian lainnya. Namun, terdapat pro dan kontra tentang teknik ini. Banyak yang menolak hasil dari teknik ini dimasukkan kedalam jenis batik karena dalam prosesnya tidak menggunakan malam sama sekali. Namun, keunggulan dari teknik ini memang prosesnya sangat cepat serta harganya sangat murah.

Baca Juga: Batik Mega Mendung

2. Berdasar Bahan Pembuatannya

Bahan yang digunakan akan sangat berpengaruh dalam biaya yang dikeluarkan dalam produksi. Namun, biaya produksi ini juga akan sesuai dengan kualitas yang dihasilkan.

Kain yang digunakan dalam pembuatan batik sangat bermacam-macam:

a. Kain Sutera

Kain sutera merupakan kain dengan kualitas premium bahkan dahulu hanya dari kalangan keluarga kerajaan yang bisa menggunakannya. Tekstur dari kain ini sangat halus dan nyaman saat digunakan.

b. Kain Paris

Kain paris merupakan kain yang memiliki kualitas cukup baik. Memiliki tekstur halus serta kain langsung jatuh ketika digunakan memberikan keistimewaan dalam penggunaan batik dengan bahan kain paris.

c. Kain Katun dan kain Mori

Kedua jenis kain ini merupkan jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan batik, dikarenakan harga bahannya yang relatif terjangkau sehingga mengurangi biaya produksi. Selain itu, kualitasnya memiliki grade bervariasi seperti primissima dan prima sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama