Penyebab Jerawat Pada Wanita

Penyebab Jerawat Pada Wanita
Jerawat 

Penyebab Jerawat Pada Wanita

Penyebab Jerawat Pada Wanita - Jerawat adalah gangguan terhadap kulit yang biasanya di alami remaja. Jerawat juga bisa dikategorikan sebagai penyakit kulit yang tidak menular dikarenakan penyumbatan pada saluran sebasea. Kebanyakan jerawat banyak dialami oleh remaja di usia muda terutama wanita. Kondisi ini dipicu oleh perubahan hormon di tubuh saat masa pubertas. Namun, jerawat tidak hanya menyerang para remaja saja, bahkan di usia telah menginjak dewasa banyak wanita yang masih mengalami gangguan kulit berjerawat. Bukan hanya masalah pada kulit saja, jerawat ini bagi sebagian besar akan mempengaruhi kepercayaan dirinya. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengenali berbagai penyebab munculnya jerawat agar bisa menghindari gangguan kulit berjerawat baik pada wajah maupun pada area tubuh lainnya.

Baca Juga: Moisturizer Terbaik Wanita

Penyebab Jerawat Pada Wanita Berbagai Usia

1. Pubertas

Pubertas merupakan bagian kehidupan yang pasti di alami oleh semua orang. Masa ini menjadi masa di mana pertumbuhan akan terasa sangat cepat baik organ sekunder yang tampak secara visual maupun organ - organ sekunder lainnya yang tidak tampak secara visual. Pada wanita, pubertas ditandai dengan tumbuhnya payudara, pinggul membesar serta menstruasi. Kondisi ini berlangsung sekitar usia 9 - 15 tahun. Hormon yang tidak stabil saat pubertas mengakibatkan berbagai masalah seperti salah satunya adalah sel kulit mati yang menumpuk. Jika tidak ditangani secara tepat akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori yang menimbulkan pembengkakan serta munculnya jerawat.

2. Kulit Kotor

Ketika kita melakukan aktivitas di ruang terbuka, maka akan tubuh kita terutama bagian wajah akan terpapar udara kotor. Terlebih bagi kalian yang tinggal diperkotaan, polusi sudah merupakan hal biasa yang sering ditemui. Secara tidak langsung, udara kotor ini akan mengakibatkan munculnya jerawat. Udara kotor dapat membawa berbagai macam bakteri. Bakteri inilah yang nantinya dapat menyebabkan jerawat. Salah satu bakteri yang sering menimbulkan jerawat adalah Propionibacterium acnes (P. acnes).

3. Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat terjadi karena berbagai macam faktor, mulai dari hormon yang tidak stabil, aktivitas yang berlebih hingga faktor genetik. Minyak didalam kukit ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, ketika produksi minyak oleh kelenjar minyak berlebih maka akan mengakibatkan penyumbatan di pori - pori. Inilah yang bisa mengakibatkan jerawat pada kulit Anda.

4. Stress

Stress memang tidak memiliki hubungan langsung mengenai penyebab jerawat. Selain munculnya kebiasaan buruk saat mengalami strees, stress juga bisa mengakibatkan produksi hormon adrogen menjadi tidak terkontrol. Hormon ini yang nantinya merangsang produksi minyak berlebih dan bisa mengakibatkan penyumbatan pada pori - pori kukit.

5. Faktor Genetik

Setiap orang memiliki ciri yang berbeda-beda. Ciri ini didapatkan dari faktor genetik yang diturunkan dari orang tua. Contohnya adalah pada orang yang mudah berkeringat ataupun orang yang rentan terhadap jerawat. Kedua hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik yang tidak dapat dihindari. Meskipun begitu hubungan antara faktor genetik menjadibsalah satu penyebab jerawat perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

6. Pola Makan

Pola makan menjadi faktor yang sangat mungkin menjadi penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan pola makan setiap orang akan terus berulang terus menerus, bahkan bisa bertahun tahun. Dari beberapa sumber menyebutkan jika makanan tinggi gula dan karbohidrat dapat menjadi penyebab jerawat. Beberapa makanan lain yang bisa menjadi penyebab jerawat diantaranya:

  • Nasi
  • Gula
  • Roti
  • Junk Food
  • Gorengan

7. Pola Tidur

Tidur merupakan saat dimana kita merehatkan tubuh dari segala aktivitas. Nanun, pola tidur yang tidak baik seperti begadang dapat memberikanbdanpak buruk terhadap tubuh. Pola tidur yang vuruk bisa mengakibatkan stress hingga produksi hirmon yang tidak stabil. Secara tidak langsung pola tidur ini akan menjadi sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat.

Baca Juga: Basic Skin Care Untuk Remaja

8. Merokok

Perokok dapat menjadi salah satu orang yang memiliki risko jerawat. Selain memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung dan paru - paru, ternyata risiko dari merokok lebih dari itu. Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah serta saat asap yang dihasilkan oleh rokok dapat merusak sel - sel kulit. Akibatnya dapat terjadi penumpukan serta penyumbatan yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

9. Munculnya Masalah Kesehatan

Jerawat juga bisa menjadi cara tubuh bereaksi untuk menyeimbangkan tubuh. Walaupun jerawat menjadi gangguan kesehatan kulit yang tidak berbahaya, ada baiknya jika kita tetap waspada. Jika munculnya jerawat diikuti dengan demam ataupun penurunan berat badan secara signifikan, Anda harus berkonsultasi ke dokter keluarga. Hal ini dikarenakan, jerawat bisa menjadi salah satu tanda tentang munculnya gangguan kesehatan lainnya.

Penyebab Jerawat pada wanita di atas bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat pada diri Anda. Namun, dengan mengetahui penyebab tersebut akan menjadikan Anda lebih mawas diri terhadap penyebab jerawat lainnya. Selain itu, menggunakan moisturizer kulit berjerawat akan membantu Anda dalam mejaga kondisi kulit bebas dari jerawat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama