Kenali 5 Jenis Kerutan Wajah

Jenis Kerutan Wajah
Kerutan Wajah

Kenali 5 Jenis Kerutan Wajah

Kenali 5 Jenis Kerutan Wajah - Apakah anda memiliki kerutan diwajah? Ya, kerutan wajah atau keriput wajah adalah salah satu tanda terjadinya proses penuaan. Akan tetapi itu hanya salah satu penyebab kerutan di wajah karena hal itu juga bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti pola hidup, makanan ataupun kosmetik yang sering anda pakai. Bagi wanita kerutan di wajah hal yang sangat diperhatikan, selain dapat menganggu penampilan, hal ini juga dapat menguragi rasa percaya diri. Untuk menghindari atau mengurangi terjadinya kerutan di wajah, yuk simak 5 jenis kerutan wajah yang sering terjadi pada wanita.

1. Kerutan ekspresi wajah

Kerutan ini terjadi akibat dari garis kerutan yang disebakan oleh ekspresi wajah seperti tertawa atau seyum. Garis ini dapat bersifat ringan, terjadi diluar kulit saja ataupun bisa bersifat dalam, sampai dibawah kulit. Area sekitar mulut, area samping mata adalah area yang sering terjadi pada tipe ini. Hampir tidak mungkin untuk tidak melakukan expresi wajah, walaupun hanya dalam satu hari karena dalam satu hari kita pasti melakukan ekspresi wajah secara berulang-ulang. Tetapi, anda bisa mengurangi ekspresi wajah yang tidak perlu untuk mengurangi kerutan pada wajah.

2. Kerutan elastis

Bentuknya seperti lipatan kecil yang terbentuk di pipi, bibir, dan leher. Ultraviolet dari sinar matahari langsung dapat menyebabkan penipisan kulit, dan dapat berakibat terjadinya garis kerutan. Cara terbaik untuk mencegahnya terbentuk adalah dengan menghindari sinar matahari dan memakai tabir surya setiap hari. 

Baca juga: Urutan Skincare Pagi dan Malam Agar Wajah Glowing

3. Kerutan tekanan

Keriput tekanan atau biasa disebut compression wrinkles  adalah bagian dari kerutan yang sering ditemukan dan terbentuk saat Anda menempelkan wajah ke bantal saat Anda tidur. Selain itu kerutan ini juga dapat terjadi pada bagian tubuh lain yang terkena tekanan saat tidur. Hal terbaik yang dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan tidur terlentang atau tidur dengan menggunakan alas yang halus dan empuk.

4. Kerutan gravitasi

Jenis kerutan ini lebih langsung dikarenakan oleh efek gravitasi, yang disebabkan oleh pengempisan masa jaringan di atas kerutan. Hal ini dapat terjadi pada semua area tubuh. Paling sering kita lihat adalah pada bagian pipi, diakibatkan oleh proses penuaan yang mengakibatkan pengempisan jaringan dan sebagai akibatnya terjadilah kerutan.

Baca Juga: Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Cepat dan Murah

5. Keriput atrofi

Keriput atrofi atau yang dikenal dengan atrophic wrinkles merupakan garis-garis kerutan paralel yang muncul di dahi saat Anda mengerutkan alis. JIka kerutan elastis terjadi akibat paparan sinar matahari, kerutan atrofi dapat terjadi karena berbagai penyebab seperti penuaan atau penggunaan krim steroid yang berlebihanDan sama seperti halnya jenis kerutan lainnya, ini semakin memburuk seiring waktu ketika Anda kehilangan kolagen dan elastin di kulit. Perawatan kulit berkualitas dapat membantu memperlambat proses pembentukannya. Selain itu pengurangan lemak pada area tertentu juga dapat berkontribusi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama