Mengatasi Stres Dengan Efektif Selama Pandemi

Stress

Mengatasi Stres Dengan Efektif Selama Pandemi

Mengatasi Stress Dengan Efektif Selama Pandemi - Tidak dapat dipungkiri, 2 tahun terakhir menjadi tahun yang sangat berat hampir bagi semua orang. Berbagai sektor dan salah satunya sektor ekonomi menjadi lumpuh dan mengalami penurunan akibat pembatasan sosial di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyak orang mengalami penurunan pendapatan ataupun kehilangan mata pencaharian. Selain masalah kesehatan yang dialami, sector ini menjadi masalah serius yang dialami bangsa ini. Tekanan yang terus dihadapi selama pandemi menjadi salah satu penyebab stres, padahal dengan keadaan stres terus menerus bisa mengakibatkan penurunan kesehatan. Dari sini kita memahami pentingnya mengatasi stres untuk menjaga kesehatan dikala pandemi. 

Berikut beberapa cara untuk mengatasi stres dengan efektif selama pandemi.

1. Membuat Aktivitas Harian

Buatlah daftar harian agar menjadi lebih terstruktur dengan membagi antara kegiatan yang berhubungan pekerjaan dan kegiatan dengan keluarga. Pembagian ini akan sangat penting dimana saat pandemi banyak instansi menerapkan work from home (WFH) mengikuti regulasi dari masing-masing pemerintah. Luangkan waktu juga untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai sebagai penghilang penat saat dirumah. Selain itu, perlu juga untuk mengatur waktu istirahat, serta pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur.

2. Aktivitas Fisik

Aktivitas Fisik dapat memberikan kesehatan baik fisik maupun mental. Direkomendasikan untuk berolahraga minimal 150 menit dalam satu minggu atau dapat dibagi menjadi sekitar 30 menit perhari. Berikut yang bisa Anda lakukan:

  • Ambil istirahat pendek dari melakukan pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah. Lakukanlah aktifitas fisik kecil untuk melakukan perenggangan anggota badan.
  • Ikuti kelas online. Disaat pandemic saat ini, dengan adanya pembatasan sosial banyak khursus yang diadalan secara online, baik dengan atau tanpa instruktur. Bisa juga dengan mengikuti tutorial yang ada di Youtube.
  • Jalan kaki bisa dilakukan dengan mudah di area rumah. Bekerja seharian dengan posisi duduk akan membuat Anda merasa jenuh sehingga berdirilah dan jalan di area rumah bisa menjadi alternative.
  • JIka terlalu sibuk dengan pekerjaan, berdirilah setiap duduk 30 menit. Ini akan mengurangi waktu duduk Anda dan bisa merengangkan otot. Pertimbangkan juga untuk membeli meja berdiri untuk mengurangi waktu duduk Anda.
  • Bersantailah sejenak ketika ada waktu luang. Meditasi dan latihan pernafasan akan memberikan rileks untuk tubuh dan pikiran.

3. Batasi Membaca Berita Tentang Covid 19

Membaca berita memang sangat baik dan penting untuk mengikuti perkembangan covid 19, tetapi lebih baik Anda membatasi berita tentang covid. Terlalu banyak berita juga akan mempengaruhi mental. Alihkan hal ini ke kegiatan positif lainnya, seperti membaca buku favorit Anda. Pastikan ketika membaca berita, pilih sumber yang kredibel dan bisa dipercaya untuk menghindari hoax yang bisa mengganggu kesehatan mental.

4. Nikmati Waktu Di Ruang Terbuka

Bekerja di rumah dengan ruangan terbatas menjadikan hari-hari Anda sangat penat. Apalagi jika harus menghabisakan waktu yang lama. Beberapa penelitian juga menunjukkan menikmati waktu di ruang terbuka akan memberikan manfaat positif bagi Anda. Pikiran juga akan menjadi jernih kembali dengan berada di ruang terbuka.

5. Pernafasan Terkontrol

Ketika Anda sedang dalam tekanan dan merasa stres, tubuh akan memberi respon seperti detak jantung yang berdebar dan pernafasan yang tidak teratur. Tetapi jika hal ini berlangsung lama akan memberikan dampak pada system pencernaan, system imun dan kesehatan lainnya. Belajarlah untuk mengontrol pernafasan Anda dalam menghadapi stres dengan melakukan 3-5 kali pernafsan terkontrok setiah harinya di tengah-tengah rutinitas harian atau setelah aktivitas.

6. Aktif dalam Tim Kerja

Bekerja di rumah bukan berarti lepas komunikasi dari tim kerja. Dalam banyak hal kita telah terhubung dengan berbagai media untuk melakukan rapat secara online. Aktif dalam bekerja juga memberikan arti bahwa Anda adalah orang yang bertanggung jawab. Selain itu dengan aktif dengan tim akan menjaga kesehatan mental ditengan pembatasan sosial selama pandemi.

7. Seimbangkan Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi

Perpanjangan pembatasan sosial menyebabkan kita harus lebih lama untuk bekerja dari rumah. Terkadan bekerja dari rumah tidak memberikan batasan kapan kita harus berhenti bekerja dikarenakan jam berkerja yang sangat flexible. Atur dan seimbangkan waktu kerja dengan waktu Anda untuk menikmasti hidup. Batasi penggunaan gadget dal lakukan aktivitas lain seperti hobi dan keluarga.

8. Profesional Support

Apabila stres sudah tidak dalam control, hal satu ini mungkin adalah yang tepat untuk memberikan solusi. Anda dapat mencari konselor professional untuk meringankan beban akibat stres.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama