Perbedaan Neurodex Dan Neurobion Untuk Mengatasi Neuropati

Perbedaan Neurodex Dan Neurobion
Perbedaan Neurodex Dan Neurobion

Perbedaan Neurodex Dan Neurobion - Tubuh memerlukan berbagai zat vitamin dan mineral untuk menjaga keseimbangan metabolisme. Setidaknya terdapat sejumlah 13 vitamin yang diperlukan tubuh meliputi vitamin A, B, C, D, E serta K. Didalam vitamin B sendiri dibagi lagi menjadi beberapa vitamin. Beberapa diantaranya adalah B1, B6 hingga B12. Walaupun jumlahnya sangat kecil tetapi ini sangat penting dan sangat diperlukan tubuh. Kekurangan terhadap vitamin ini mengakibatkan terganggumya sistem saraf. Gangguan ini sering disebut dengan Neuropati.

Untuk mengatasinya diperlukan vitamin neurotropik. Vitamin ini bisa berupa neurodex dan neurobion yang telah banyak beredar secara umum. Vitamin ini nantinya mampu menteralkan dan memperbaiki dari kinerja saraf. Untuk selanjutnya kita akan membahas apa perbedaan neurodex dan neurobion? 

Apa Itu Neuropati?

Neuropati adalah tanda - tanda atau gejala adanya gangguan dalam sistem saraf. Gangguan ini bisa terjadi karena kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Selain itu masalah tersebut dapat terjadi dikarenakan cedera saat beraktivitas. Contohnya adalah gangguan saraf tepi atau Neuropati Perifer yang mengganggu sistem motorik pada tangan atau kaki. Gejala yang dialami bisa berupa keram otot dan kesemutan. 

Apa itu Vitamin Neurotropik?

Perbedaan Neurodex Dan Neurobion
Akibat Neuropati

Vitamin neurotropik ada golongan vitamin yang berfungsi untuk meredakan gangguan saraf neurotropi dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin B1, B6 dan B12. Walaupun sebenarnya golongan vitamin ini dapat didapatkan dari daging sapi, telur, salmon hingga yoghurt, mengkonsumsi vitamin ini dapat mempercepat prosesnya. Beberapa produk dari vitamin neurotropi adalah neurodex dan neurobion. 

Neurobion

Neurobion merupakan obat atau vitamin yang berfungsi dalam pencegahan sekaligus pengobatan terhadap penderita neurotropik. Obat ini merupakan kumpulan dari vitamin B baik B1, B6 serta B12. Setidaknya terdapat beberapa varian dari neurobion yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

1. Neurobion Kemasan Putih Biru

Pada kemasan warna ini sering disebut dengan Neurobion Biasa. Jika Anda mengalami kesemutan pada area tangan dan kaki, produk ini mampu mengatasi hal tersebut dengan mencukupi kebutuhan B1 sebesar 100 miligram, B6 200 miligram serta vitamin B12 sebesar 0,2 miligram.

2. Kemasan Merah Muda

Produk ini dikenal juga dengan neurobion forte. Memiliki kandungan dan fungsi yang hampir sama dengan kemasan merah muda. Pada varian ini bisa juga digunakan dalam memenuhi kebutuhan vitamin orang tua serta pengidap diabetes melitus. Disini terdapat dosis B6 lebih sedikit dan B12 yang lebih besar yaitu 100 mg serta 5 mg. Untuk B1 jumlahnya sama seperti sebelumnya.

3. Kemasan Putih Keabuan

Pada kemasan ini sering disebut juga dengan Dolo-Neurobion. Untuk fungsinya dapat digunakan nyeri ringan hingga sedang akibat neurotropik. Varian ini memiliki kandungan B1 yang cukup sedikit 50 mg. Sedangkan B6 jumlahnya sama seperti kemasan pink. Untuk B12 dimiliki dengan komposisi yang sedikit sekitar 0,1 mg. Namun yang membedakan, ada tambahan paracetamol 500 miligram. Perbedaan Dolo-Neurobion dan Neurobion biasa inilah yang sering ditanyakan. 

Neurodex

Neurodex termasuk dalam vitamin neurotropi. Memiliki kandungan vitamin B1 sekitar 100mg, serta B6 dan B12 sebesar 200 mg dan 200 mcg. Vitamin ini dapat digunakan dalam mengatasi dan mencegah neutropik / gangguan sel saraf akibat kekurangan vitamin dan juga akibat kehamilan awal. Penggunaan produk ini dapat mengurangi rasa mual serta muntah pada penderitanya. 

Perbedaan Neurodex dan Neurobion

Kedua vitamin ini memiliki fungsi yang hampir sama yaitu mengatasi gejala neutropik. Agar pemilihan vitamin ini tepat dalam penggunaanya berikut adalah perbedaanya.

1. Produksi

Keduanya sama-sama berfungsi sebagai neurotropik, perbedaan merk dagangnya dikarenakan keduanya di produksi di tempat berbeda yaitu Neurobion oleh PT Merck dan Neurodex oleh Dexa Medica.

2. Warna Kemasan

Hal pembeda lain secara kasat mata adalah kemasannya. Neurobion memiliki 3 warna biru - putih, pink - putih dan putih keabuan. Sedangkan neurodek dominan putih dengan garis pink dan hijau.

3. Kandungan Komposisi

Komposisi didalamnya terdapat perbedaan jumlah kandungan B1, B6 dan B12. Perbedaan jumlah ini tidak terlalu banyak. Namun, pada salah satu varian Neurobion, ada tambahan paracetamol yang tidak dimiliki neurodex.

4. Varian

Neurobion memberikan berbagai pilihan varian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Setidaknya ada 3 varian Neurobion. Sedangkan neurodex hanya memberikan 1 pilihan varian saja. 

Kesimpulan

Perbedaan neurodex dan neurobion sebenarnya tidak terlalu memcolok. Secara fungsi keduanya sama sama digunakan dalam mengatasi permasalahan atau gangguan saraf tepi. Walauoun tidak terlalu banyak, yang membedakannya adalah jumlah kandungan komposisi didalamnya serta adanya salah satu varian Neurobion yang memiliki kandungan paracetamol. Namun, sebenarnya kedua merk ini dapat menjadi opsi pembelian ketika salah satu produknya tidak tersedia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content