Ini Perbedaan Proris Hijau dan Biru

Perbedaan Proris Hijau dan Biru
Perbedaan Proris Hijau dan Biru

Perbedaan Proris Hijau dan Biru - Ketika anak sedang merasa tidak enak badan, terkadang akan disertai demam. Demam merupakan tanda atau respon tubuh terhadap infeksi yang terjadi didalam tubuh. Memang respon tubuh terhadap penyakit setiap anak berbeda, tak semuanya berujung pada demam. Ini juga tergantung daya tahan atau sistem imun sang anak.

Tidak semua demam harus diberikan obat, tetapi apabila demam susah turun dan demam masih tinggi maka obat perlu diberikan. Salah satu obat pereda demam yang sering digunakan adalah Proris. Proris menjadi andalan bagi orang tua dalam meredakan panas si kecil. Obat ini memeiliki beberapa varian, diantaranya adalah proris yang memiliki kemasan hijau dan kemasan biru. Lalu apa sih Perbedaan Proris Hijau dan Biru? 

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Proris?

Proris merupakan merk dagang obat ibuprofen yang dikeluarkan oleh PT Pharos. Proris adalah obat yang digunakan untuk meredakan demam serta nyeri pada tubuh. Kandungan utama proris adalah ibuprofen yang memang digunakan dalam meredakan panas dan sakit kepala. 

Cara Kerja Proris

Perbedaan Proris Hijau dan Biru
Illustrasi Anak Demam

Ketika tubuh mengalami peradangan, maka secara otomatis sistem tubuh merespon dengan menciptakan zat kimia seperti prostaglanadin. Zat ini terbentuk akibat reaksi dari beberapa enzim seperti siklooksigensase (COX) 1 dan COX-2. Disinilah mulainya peran dari proris, dimana kandungan zat ibuprofen yang berfungsi untuk menghambat enzim siklooksigensase (COX) 1 serta COX-2. Dengan terhambatnya enzim tersebut maka demam, nyeri dan sakit kepala akan berkurang. 

Varian Proris Sirup

Proris sendiri mengeluarkan beberapa varian produk khususnya pada obat sirup. Obat ini tergolong obat yang bisa dibeli di apotik tanpa harus menggunakan resep dokter. Tetapi tentu dalam penggunaannya harus tetap dikontrol sesuai aturan penggunaan. Proris sirup sendiri dapat digunakan pada anak usia 1 hingga 12 tahun ataupun dewasa disesuaikan dengan dosis penggunaanya. 

1. Proris Ibuprofen Suspensi

Proris hijau dikenal juga dengan nama proris ibuprofen suspensi. Varian hijau dijual menggunakan kemasan botolan dengan ukuran 60 mL. Setiap 5 ml-nya mengandung 100mg ibuprofen. Memiliki fungsi utama yaitu untuk penurun demam, pereda nyeri ringan kepala ataupun gigi. Pada umumnya digunakan untuk anak-anak tapi juga bisa digunakan untuk dewasa dengan disesuaikan takarannya. 

2. Proris Forte Suspensi

Proris biru dikenal juga dengan sebutan Proris Forte Suspensi. Disetiap ml-nya memiliki kandungan 200mg ibuprofen. Fungsi utamanya untuk menurunkan panas, meredakan nyeri ringan hingga sedang seperti nyeri kepala ataupun gigi. Sama seperti varian sebelumnya, bisa digunakan untuk anak hingga dewasa. 

Perbedaan Proris Hijau dan Biru

Setelah membaca uraian diatas tentu akan muncul berbagai pertanyaan, apasih sebenarnya perbedaan keduanya? Karena jika kita lihat keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk pereda demam dan nyeri tubuh serta keduanya smaa sama dapat digunakan untuk anak dan dewasa. Tetapi jika kita telaah lebih lanjut terdapat perbedaan dalam jumlah ibuprofen setiap 5mlnya. Varian biru memiliki kandungan ibuprofen yang lebih tinggi hingga 2x lipat. Dengan jumlah yang lebih besar tentu varian biru memilki efektivitas yang lebih tinggi, sehingga produk ini dapat digunakan juga untuk nyeri tingkat ringan hingga sedang. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaannya dapat kita uraikan sebagai berikut:

1. Kandungan IbuProfen

Pada kemasannya kita akan menemukan bahwa proris hijau mengandung ibuprofen 100 mg per 5 mL. Sedangkan proris biru mengandung 200 mg ibuprofen tiap 5 mL. Maka sebelum membeli Anda bisa memastikan dahulu apakah dalam kondisi tersebut memerlukan kandungan ibuprofen tinggi atau tidak. Jika kondisi nyeri yang dialami sangat terasa maka Anda bisa memilih kandungan ibuprofen 200 mg. Namun sebaliknya, jika nyeri dan demam terasa biasa saja maka hanya diperlukan ibuprofen yang rendah.

2. Efektifitas

Efektifitas ini tentunya sangat berkaitan dengan kandungan ibuprofen pada proris hijau dan biru. Telah kita pahami bahwa proris biru memiliki kandungan 2x lipat dari varian hijau dan ini membuatnya sangat efektif dan cepat dalam mengatasi nyeri sakit kepala ataupun gigi.

Apakah Proris Aman?

Perbedaan Proris Hijau dan Biru
Apakah Proris Aman Digunakan

Pada Oktober 2022, kementerian kesehatan Indonesia mengeluarkan edaran terkait larangan peredaran obat sirup karena diduga ada cemaran zat kimia pada beberapa obat. Terkait kasus obat sirup tentang kandungan cemaran EG dan DEG, produk sirup ini telah dinyatakan aman dan bebas dari kandungan berbahaya tersebut. Selain itu, keamanannya juga diperjelas dengan tercantumnya Proris pada web resmi BPOM seperti gambar diatas. Jadi, obat ini telah diedarkan kembali dan bebas digunakan secara aman. 

Kesimpulan

Perbedaan Proris Hijau dan Biru hanya terdapat pada jumlah kandungan ibuprofen per 5 ml-nya. Varian biru memiliki kandungan ibuprofen yang lebih tinggi dari varian hijau. Untuk fungsi dan penggunaannya keduanya tidak ada perbedaan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content