Bahaya Merkuri, Ini Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah
Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Bahaya Merkuri, Ini Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah - Dunia skincare memang tengah booming di kalangan masyarakat Indonesia. Peminatnya bukan hanya dari kalangan dewasa, namun sekarang para remaja juga sudah mulai melirik produk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Produsen skincare tidak hanya berasal dari brand2 besar, sekarang sudah banyak bermunculan merk produk berasal dari kalangan perseorangan. Meskipun begitu masyarakat sangat antusias, terbukti dari penjualan produk yang semakin meningkat. Dalam selang waktu berdekatan selalu ada produk baru yang dirilis, dengan kelebihan dan kegunaan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. 

Karena Indonesia beriklim tropis dan paparan sinar matahari dengan suhu yang tinggi, masalah umum yang dialami masyarakat adalah kulit wajah berminyak, kusam, hiperpigmentasi lapisan kulit cenderung bewarna coklat. Hal ini membuat konsumen cenderung memilih cara instan untuk mengatasinya, dengan mengunakan produk bermerkuri yang mengklaim bahwa dapat memberikan perubahan drastis pada kulit wajah, dalam waktu yang singkat wajah akan terlihat putih glowing licin semulus porselen. Padahal pengunaan produk merkuri sudah dilarang untuk diedarkan dan digunakan, Karena memberikan efek negatif pada kulit jika digunakan dalam jangka panjang dan ketika berhenti mengunakan. 

Cara Mengetahui Produk Mengandung Merkuri 

1. Mengecek Perizinan Peredaran

Skinacare yang berbahaya tidak didaftarkan ke BPOM. Untuk itu langkah pertama adalah anda bisa pergi ke situs website resmi BPOM, kemudian anda dapat mencari merk produknya. Jika tidak menemukan, kemungkinan produk tersebut mengandung bahan berbahaya seperti mercury. Disarankan untuk tidak membeli dan mengunakannya. 

2. Tekstur Cream

Cream ber merkuri cenderung berekstur kasar dan lengket seperti lem. Hal ini membuat susah menempel pada kulit, sehingga membutuhkan efforts lebih untuk mengaplikasikan.

3. Aroma

Produsen akan menambahkan campuran bibit parfum untuk mengelabuhi konsumen. Namun masih akan terciun aroma logam dan belerang menyengat. Kosmetik dengan kandungan merkuri pasti memiliki aroma seperti belerang. 

4. Warna Krim Merkuri

Jika anda perhatikan dengan seksama akan terlihat warna keabuan berkilat ataupun warna lain seperti kuning dan lainya yang terlihat sangat mencolok. Ini tergolong hal penting yang harus anda ketahui. 

Efek Samping / Ciri Ciri Wajah Terkena Merkuri

Produk bermerkuri memang sangat cepat membuat wajah menjadi cerah. Tetapi dibalik cepatnya merubah wajah menjadi cerah, produk seperti ini menimbulkan efek yang sangat merugikan. Bahkan efek sampingnya dapat berlangsung lama. Dibawah ini adalah bahaya merkuri dan efek sampingnya. Jika dalam penggunaan skincare Anda menimbulkan beberapa masalah kulit, Anda harus berhati hati dengan produk tersebut. Bisa jadi ada kandungan merkuri didalamnya. Berikut ini merupakan ciri -ciri wajah terkena merkuri yang dapat dirasakan setelah menggunakan produknya.
  1. Wajah akan lebih sensitif terhadap sinar matahari;
  2. Kulit mudah iritasi, akan terlihat peradangan kemerahan pada area wajah; 
  3. Flex bintik hitam pada seluruh kulit wajah;
  4. Berjerawat batu dan menyebabkan bopeng;
  5. Kulit terasa kering dan terkelupas terutama di sela hidung dan bibir;
  6. Terasa gatal dan panas pada area tertentu.

Ciri Ciri Jerawat Akibat Merkuri

Produk merkuri berkerja dengan mengikis lapisan kulit secara cepat dan akibatnya lapisan kulit paling luar akan hilang. Tidak adanya lapisan luar kulit bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti iritasi dan sebagainya. Salah satu ciri ciri wajah terkena merkuri adalah munculnya jerawat pada area wajah. Walaupun jerawat tidak bisa selalu dikaitkan dengan merkuri, namun jerawat seperti ini harus diwaspadai. Berikut ciri jerawat akibat merkuri:

  1. Kondisinya kemerahan ataupun kehitaman meradang;
  2. Kulit wajah sensitif sehingga jerawat cepat tumbuh besar;
  3. Iritasi sehingga menjadi jerawat batu;
  4. Jerawat sangat sakit ketika dipegang.

Bagaimana Cara Berhenti Mengunakan Cream Merkuri?

Cara Berhenti Mengunakan Cream Merkuri
Cara Berhenti Mengunakan Cream Merkuri

Akibat dari bahan berbahaya ini memang tidak langsung bisa dirasakan, tetapi kulit akan sangat bergantung pada kandungan bahan ini. Sebentar saja berhenti menggunakan, maka akan timbul berbagai masalah pada wajah. Lalu gimana langkah awal berhenti menggunakan produk bermerkuri? Nah selanjutnya adalah langkah awal yang harus dilakukan guna menghentikan penggunaan produk ini sepenuhnya agar kulit tidak ketergantungan dengan produk-produk yang mengandung mercury.

  1. Langkah utama, anda harus berhenti mengunakannya dan membuang produknya;
  2. Berhenti secara bertahap dan berganti mengunakan produk alami untuk menetralkan nya;
  3. Jika terjadi peradangan kemerahan, anda dapat mengunakan komposisi produk yang; mengandung anti inflamasi;
  4. Membersihkan wajah dengan rutin dengan air mengalir atupun ditambahkan Facewash tipe; gentle;
  5. Mengkonsumsi banyak air putih, ini juga penting untuk membantu masa pemulihan kulit.

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah

Saat kita memutuskan berhenti menggunakan cream merkuri, tentu pada wajah masih ada kandungan merkuri yang tersisa. Sisa inilah yang biasanya menjadikan kulit meradang karena penghentian penggunaan produknya. Untuk mengurangi efek dari merkuri tersebut, kita juga perlu untuk menghilangkan merkuri di wajah. 

  1. Gunakanlah produk tipe shooting skin , ini akan membantu meredakan kemerahan meradang secara cepat;
  2. Pada umumnya disarankan mengunakan produk varian serum, toner, sheetmask, moisturaiser yang mengandung hyaluronic acid dan  ceramine karena dapat menghidrasi hingga lapisan terdalam;
  3. Jika anda menganti ke produk baru, perhatikan komposisi bahan yang anda gunakan setelah lepas dari cream mercuri, hindarilah yang mengandung senyawa asam seperti untuk exfoliasi;
  4. Bisa juga dengan melakukan treatment di klinik kecantikan dengan facial wajah untuk detox.

Cara Menghilangkan Flex Hitam Karena Merkuri

Flex hitam adalah salah satu akibat dari penghentian penggunaan merkuri. Namun, jangan khawatir karena flex hitam dapat dihilangkan secara bertahap menggunakan produk skincare tertentu. Cara ini bertujuan untuk mengembalikan lapisan kulit luar yang terkikis akibat penggunaan bahan bermerkuri.

  1. Gunakanlah komposisi skincare yang mengandung Tranexamic acid bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, sehingga dapat menghilangkan kehitaman pada lapisan kulit 
  2. Sunscreen digunakan pada siang hari, tidak lupa untuk di re apply 
  3. Bisa mengkonsumsi minuman kolagen untuk membantu dari dalam

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah perlu dipahami oleh kita semua agar saat berhenti menggunakan produk tersebut dapat meminimalisir efek sampingnya. Sebagai konsumen, selalu disarankan untuk waspada dan bijak dalam memilih suatu produk sebelum mengunakannya, karena pada era sekarang telah banyak beredar cream - cream berbahaya. Tentunya efek sampingnya dapat memberikan hal buruk sampai ke organ dalam. Disarankan untuk mengunakan produk yang sudah BPOM karena terbukti aman digunakan sebagai produk perawatan kulit. Caranya juga mudah anda bisa langsung ke situs web resminya BPOM, nanti anda tinggal mengetik produk apa yang ingin anda ketahui label BPOMnya

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Before Post Content

Iklan Post Content