Cara Kalibrasi Termometer Terakurat

Cara Kalibrasi Termometer Infrared
Cara Kalibrasi Termometer

Cara Kalibrasi Termometer - Termometer menjadi alat penting yang wajib dimiliki untuk mengukur suhu tubuh. Baik pada dewasa maupun anak, alat ini akan sangat membantu. Terlebih dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan pandemi yang belum berakhir, pengukur suhu ini akan menjadi diagnosa awal dalam mengetahui kondisi tubuh. 

Saat ini terdapat beberapa jenis termometer yang dijual secara luas, mulai dari termometer analog hingga termometer digital. Dari cara penggunaannya termometer juga bisa dibagi menjadi termometer infrared dan termometer contact body. Termometer infrared akan lebih cepat memberikan hasil, namun dalam beberapa kasus keakuratannya masih perlu diperhatikan sedangkan termometer contact body memiliki akurasi cukup baik namun memerlukan beberapa waktu. 

Dalam menjaga keakuratan dalam sebuah alat pengukur suhu, sebelum digunakan perlu dilakukan kalibrasi. Kalibrasi inilah yang nantinya mampu meningkatkan akurasi penggunaan termometer. Lalu bagaimana cara kalibrasi termometer? Berikut ulasannya. 

Cara Kalibrasi Termometer Infrared / Termogun

Ketidakakuratan pada alat ini dapat disebabkan oleh berbagai hak. Namun, yang paling sering menjadi penyebab adalah usia alat dan kalibrasi awal yang tidak benar. Dalam memberikan akurasi yang baik pada termometer infrared atau termogun perlu disiapkan pengukur suhu biasa (termometer contact body) sebagai pembanding. Berikut caranya.

  1. Lakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer biasa. Lakukan berulang sebanyak 3x dan catat.
  2. Tentukan nilai rata-rata dengan cara menjumlahkan ke-3 hasil percobaan dan di bagi 3. Dalam contoh kali ini kita akan menggunakan hasil akhir rata-rata di 36,2 derajat celcius.
  3. Lakukan hal yang sama dengan termometer infrared dengan cara mengukur suhu tubuh sebanyak 3x dan catat.
  4. Cari juga nilai rata-ratanya dengan cara yang sama. Salam contoh kita mendapatkan rata-rata di 36,6 derajat celcius.
  5. Selanjutnya tekan tombol set pada termogun. Biasanya akan menampilkan F1, F2, F3 dan switch on/off.
  6. F1 berfungsi untuk memilih satuan suhu. Dalam keadaan default biasanya sudah dalam satuan celcius dan Anda tidak perlu menggantinya.
  7. F2 memiliki fungsi mengatur suhu tertinggi agar nantinya ketika suhu telah melewati batas tersebut termometer akan mengeluarkan alarm. 
  8. F3 pada fungsi inilah kita akan melakukan kalibrasi pada termogun. Kalibrasi dilakukan dengan melihat data yang telah didapatkan sebelumnya. Dari contoh sebelumnya Kita mendapat data 36,2 Celcius untuk termometer biasa dan 36,6 Celcius untuk termometer infrared. Disini terdapat gap sebesar 4 derajat celcius. Untuk itu, tekanlah tombol (-) hingga suhu sama dengan termometer biasa 36,2 derajat.
  9. Kalibrasi telah selesai.
Cara Kalibrasi Termometer Digital
Cara Kalibrasi Termometer Digital

Cara Kalibrasi Termometer Digital

Termometer Digital disini adalah termometer digital contact body. Sesuai namanya, ini adalah alat pengukur suhu tubuh yang harus ditempelkan pada tubuh seperti ketiak dan bawah lidah. Pada sebagian besar jenis ini tidak terdapat tombol untuk melakukan kalibrasi. Untuk itu apabila terdapat perbedaan suhu lebih dari 0,3 derajat celcius pastikan:

  • Pengukuran suhu dilakukan pada waktu yang berdekatan.
  • Pengukuran suhu dilakukan pada pada subjek yang sama.
  • Pastikan baterai dalam kondisi baik.

Apabila dirasa akurasi dari alat tersebut telah menurun baru Anda bisa melakukan kalibrasi ulang melalui fitur tombol set yang disediakan. Berikut adalah cara kalibrasi termometer digital menggunakan air.

  1. Persiapkan air di dalam panci atau pemanas air lainnya.
  2. Panaskan air hingga mendidih.
  3. Sesaat setelah air mendidih, masukkan ujung termometer dalam posisi menggantung. Perhatikan suhu yang tertera.
  4. Seharusnya suhu akan menampilkan 100 derajat. Apabila tidak lakukan kalibrasi melalu tombol yang tersedia.
  5. Tekan tombol set agar suhu sama dengan 100 derajat ketika air mendidih. 

Kesimpulan

Cara kalibrasi termometer ini difungsikan untuk memberikan akurasi pada termometer. Anda bisa melakukan hal ini beberapa bulan sekali pada sensor infrared. Perbedaan pengukuran suhu bukan hanya disebabkan karena akurasi yang tidak baik, namun juga dapat disebabkan oleh perbedaan merek ataupun human error. Ada perbedaan hingga 0,3 derajat celcius yang bisa menjadi toleransi dalam pengukuran suhu. Sekian tentang cara kalibrasi termometer.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan Post Content