Motivasi Untuk Diri Sendiri Menghadapi Kegagalan

Motivasi Untuk Diri Sendiri
Motivasi Diri Sendiri

Motivasi Untuk Diri Sendiri Menghadapi Kegagalan

Motivasi Untuk Diri Sendiri Menghadapi Kegagalan - Pada hakikatnya manusia hanya bisa berikhtiar dan berusaha, tetapi sang penciptalah yang telah menentukan segala garisnya. Kita semua pasti memiliki cita - cita dan harapan, perjuangan keras untuk mewujudkan cita - cita dan harapan pasti kita lakukan. Bahkan ada sebagian orang yang menjadi gelap mata dan pikiran, dengan menghalalkan segala cara demi menggapai yang dia inginkan. Sejatinya kita telah mengenal pepatah lama yang mengatakan "usaha tidak akan menghianati hasil". Tetapi ketika kegagalan datang disaat kita telah melakukan segala daya dan upaya, kekecewaan dan rasa tidak senang akan muncul dari dalam diri kita. Tetapi, jika harapan tidak terwujud, mungkin akan ada hikmah yang akan menyertainya. Lalu bagaimanakan motivasi untuk diri sendiri menghadapi kegagalan seperti di atas? Berikut penjelasannya.

6 Motivasi Untuk Diri Sendiri Dalam Menghadapi Kegagalan:

1. Terus Berjuang

Setiap orang pasti akan merasakan dimana berada di posisi terendah didalam hidupnya. Rasa kecewa, putus asa atau ingin menyerah pasti akan timbul ketika berqda dalam posisi seperti ini. Tetapi, demi suatu tujuan Anda harus tetap berjuang seberat apapun masalah dalam hidup Anda. Pikirkan apapun yang bisa menjadi motivasi dihidup Anda seperti istri, anak bahkan orang tua. Merakalah yang bisa memberikan kekuatan dalam hidup dan menjadikan Anda bisa berjuang lebih dari sebelumnya. Berpikirlah bahwa ini semua belum berakhir dan pasti akan ada jalan keluarnya. Semangat untuk tetap berjuang adalah kunci untuk terus melangkah maju.

2. Berpikir Positif

Hidup takkan selalu berada di atas, roda itu berputar, begitupula dengan roda kehidupan. Kegagalan dalam menjapai tujuan harus kita artikan sebagai bagian pembelajaran dalam kehidupan. Akan banyak pengalaman yang dapat kita dapat dari sebuah kegagalan, dan kita harus tetap berpikir positif bawha dibalik sebuah kegagalan akan ada hikmah dibaliknya. Seperti dalam sebuah video yang viral beberapa tahun yang lalu, tentang seorang pejalan kaki yang berdiri dipinggir jalan, tiba - tiba pada kakinya digigit oleh semut. Akhirnya dia berpindah dari lokasi tersebut. Tak berselang lama, mobil datang dengan kecepatan tinggi dan menabrak di tempat dia digigit semut. Hidupnya terselamatkan oleh gigitan semut. Seperti inilah kita harus menyikapi kehidupan, bahwa akan ada hikmah dibalik segala sesuatu yang terjadi.

3. Evaluasi

Orang yang bekerja seharian tanpa adanya planning yang terarah akan kalah dengan orang yang hanya bekerja beberapa jam saja tetapi dengan arah, tujuan serta planning yang jelas. Inilah perlunya ketika harapan kita tidak terwujud, penting untuk melakukan evaluasi ulang terhadap arah, tujuan serta palnning-nya. Pikirkan ulang dimana kita harus mengubah arah strategi dalam pencapaian hidup.

4. Refrshing

Berjuanglah dengan kepala dingin. Alihkan pikiran dari hal yang membebani hidup Anda sejenak. Keluarlah dari rutinitas harian yang selalu monoton. Lakukan hal yang bisa membuat pikiran tenang, seperti melakukan hobi Anda yang tertunda sejak lama atau kembalilah ke keluarga Anda tanpa membawa beban pikiran selama ini. Dinginkan hati dan pikiran sejenak sebelum Anda kembali memikirkan harapan Anda yang masih belum terwujud. Dengan pikiran dan hati yang tenang Anda dapat berjuang lebih baik lagi dan lebih fokus pada tujuan.

5. Berdoa

Sejauh apapun kita berjuang, sejauh apapun kita melangkah, kita hanya bisa untuk terus merencanakan dan tetap berjuang. Tetapi jangan lupakan, diatas itu semua masih ada sang pencipta yang selalu memiliki kuasa atas pejuangan kita. Berdoa dan mintalah petunjuk kepada-Nya atas apa yang sedang kamu perjuangkan. Dengan berdoa kepada-Nya juga akan memberikan efek pskologis terhadap pikiran. Pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dalam menjalani perjuangan hidup.

6. Berdamai dengan Diri

Apakah Anda sudah terlalu lelah memperjuangkan tujuan hidup Anda? Jika semua daya dan upaya telah kamu lakukan, dan tidak ada peluang lagi untuk terus memperjuangkan harapan Anda, berdamai dengan diri Anda bisa menjadi hal yang paling realistis. Anda bisa melepaskan semua beban yang ada di pundak Anda. Berdamai bukan berarti kalah, Anda hanya mundur beberapa langkah untuk selanjutnya maju seribu langkah. Ini juga merupakan pilihan untuk menjadi dewasa untuk mencapai harapan yang lebih realistis.

Inilah beberapa cara motivasi untuk diri sendiri menghadapi kegagalan dalam setiap perjuangan kehidupan. Terus Berjuang , Berpikir Positif, Evaluasi, Refrshing, Berdoa serta Berdamai dengan Diri akan menjadi salah satu solusi terbaiknya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama